√ 10 Peluang Usaha/Bisnis Ternak yang Paling Menguntungkan

10 Peluang Usaha/Bisnis Ternak yang Paling Menguntungkan

Peluang usaha/bisnis ternak merupakan salah satu jenis peluang usaha/bisnis yang menjanjikan keuntungan besar dalam waktu yang relatif singkat.

Salah satu hal yang membuat peluang usaha/bisnis ini menarik adalah modal awal usaha yang dibutuhkan untuk skala kecil dan menengah tidaklah terlalu besar dan mudah dipelajari.

Sehingga memungkinkan bagi siapa saja untuk bisa menjalankannya, baik yang berdomisili di desa maupun kota asalkan memiliki lahan yang cukup.


Peluang Usaha/Bisnis Ternak


Berikut ini peluang usaha/bisnis ternak yang paling menguntugkan, yaitu :

1. Peluang usaha/bisnis ternak Bebek petelur

Untuk memulai peluang usaha/bisnis ini dibutuhkan modal yang tidak terlalu besar hanya sekitar 2-5 juta untuk membeli 30-40 ekor bebek petelur yang siap telur, bila setiap hari ada 25-30 ekor bertelur, maka dengan harga telur yang sekitar Rp. 2000,- x 30 = Rp. 60.000,-/hari.

Anda tinggal memberikan pakan ternak saja atau bsia juga makanan ternak alternatif lainnya.

berternak bebek sangat menguntungkan karena harganya telurnya yang harganya cukup tinggi dan bisa juga menjual daging bebek untuk para penggemar bebek panggang.

2. Peluang usaha/bisnis ternak ayam ras

Peluang usaha/bisnis ternak ayam ras mungkin bisa dikatakan jenis ternak yang paling cepat pertumbuhan peluang usaha/bisnisnya karena hampir semua kalangan menyukai telur ayam dan daging ayam sebagai lauk pauk.

Sehingga bisa dipastikan tidak ada kesulitan untuk menjual telur dan daging ayam. Bahkan Anda bisa mengembangkan peluang usaha/bisnis ini dari ayam ras, ayam boiler, ayam kampung dan yang lainnya.

3. Peluang usaha/bisnis ternak Burung

Bagi penggemar burung atau memiliki teman yang suka memelihara burung hias bisa memanfaatkannya sebagai lahan peluang usaha/bisnis. A

da banyak jenis burung hias seperti burung cucak, kenari, kacer, love bird, cucak rowo, ciblek, branjangan, dan yang lainnya.

Bagi mereka yanghobi memelihara burung hias tentunya akan selalu menambah koleksinya dan harga burung-burung hias ini relatif mahal.

Sehingga bila dapat membudidayakan burung-burung hias ini dengan baik maka bisa memberikan peluang keuntungan yang cukup besar.

4. Peluang usaha/bisnis ternak Kambing

Banyaknya acara yang membutuhkan hewan yang satu ini, seperti aqiqah, khitanan, pernikahan dan yang lainnya membuatnya tidak pernah sepi dari konsumen.

Apalagi bila telah mendekati lebaran haji atau Idul Adha dimana kambing termasuk hewan qurban yang dapat dipilih oleh umat muslim maka harga hewan ternak yang satu ini relatif lebih kompetitif sehingga sangat menjanjikan keuntungan yang cukup besar.

Anda bisa memulainya dari skala kecil dengan modal yang tidak terlalu besar dengan membeli 1-2 pasang kambing untuk dikembangbiakkan, hanya dibutuhkan waktu sekitra 2-3 tahun untuk bisa memiliki jumlah kambing lebih dari 10 ekor.

5. Peluang usaha/bisnis ternak Sapi

Salah satu jenis ternak yang membutuhkan modal yang cukup besar adalah ternak sapi, karena badannya yang besar, sehingga tentu saja harganya juga relatif lebih mahal dibandingkan jenis ternak lainnya.

Tapi sapi juga memiliki prospek keuntungan yang bagus, karena harganya bisa 4 kali lebih besar dibandingkan dengan kambing.

Apalagi bila Anda memilih pakan yang bagus, pemeliharaan yang baik, maka sapi akan tumbuh besar, dan berpeluang meraih keuntungan yang banyak.

6. Peluang usaha/bisnis ternak burung puyuh

Salah satu jenis telur yang sangat baik dikonsumsi setiap hari karena nilai gizinya yang tinggi adalah telur puyuh.

Bahkan telur dari burung puyuh ini sangat direkomendasikan sebagai makanan anak-anak (balita) sehingga tentu saja menjadi peluang biasnis yang menjajikan.

Bagi penggemar burung tentu akan lebih mudah memahami cara memelihara dan mengenal karakteristik burung, sehingga akan lebih mudah membudidayakannya.

Sedangkan bagi Anda yang masih awam tentang berbudidaya burung puyuh, bisa mencari informasinya lewat buku, media internet, atau bertanya langsung pada peternak burung puyuh yang telah sukses.

7. Peluang usaha/bisnis ternak ikan lele

Salah satu makanan khas Indonesia yang memiliki banyak penggemar adalah pecel lele, dan tentu saja untuk memenuhi kebutuhan lele diperlukan peternakan ikan lele yang cukup banyak dan luas.

Maka dari itu peluang keuntungan budidaya ikan lele sangat besar. Ikan lele termasuk ikan air tawar yang sangat mudah dipelihara, bahkan di air keruhpun ikan lele masih bisa bertahan hidup, dan pakan alternatifnya juga banyak.

8. Peluang usaha/bisnis ternak kelinci

Binatang yang lucu ini disukai oleh semua kalangan karena sangat jinak, sehingga aman bagi anak-anak kecil.

Untuk memulai ternak kelinci Anda hanya butuh modal awal sekitar Rp. 500-600 ribu untuk membeli kelinci super 2 pasang, setelah itu beri makan rumput segar.

Hanya dalam waktu dua bulan maka kelinci akan berkembang biak dalam jumlah banyak, tapi sebaiknya anak-anak kelinci yang berbulu cantik dikumpulkan dan dikawinkan. Sedangkan yang biasa saja dijual untuk menambah modal.

Menurut peternak kelinci yang telah berhasil hanya butuh 2 tahun saja untuk bisa menjadi peternak kelinci sukses dengan kandang yang luas.

9. Peluang usaha/bisnis kucing Persia

Kucing berbulu tebal, lebat dan imut ini menjadi hewan peliharaan bagi kalangan kelas atas karena tampilannya yang lucu.

Pecinta kucing Persia bahkan rela untuk mengeluarkan biaya yang besar hanya untuk membeli dan merawatnya. Hal ini tentulah menjadi lahan peluang usaha/bisnis yang menjanjikan keuntungan yang besar.

10. Peluang usaha/bisnis ikan hias

Memiliki ikan hias di rumah bagi sebagian orang menjadi pengobat stress setelah seharian beraktivitas di luar rumah.

Pangsa pasar ikan hias sudah ada sejak dulu, bahkan orang tua yang punya hobi memelihara ikan hias bisa menurun ke anak-anaknya, sehingga menjadi lahan peluang usaha/bisnis yang menjanjikan.

Anda hanya membutuhkan perhatian pada kebersihan air dan pakannya untuk menjamin ikan tetapi sehat dan memiliki sisik yang bagus.

Bagi Anda yang sedang berencana untuk memulai peluang usaha/bisnis, namun masih ragu dan bimbang, maka 10 jenis peluang usaha/bisnis ternak paling menguntugkan tersebut diatas bisa menjadi refrensi Anda.

Selamat mencoba dan semoga bisa sukses menjalankan peluang usaha/bisnis ternak hewan.

Keyword: Peluang Usaha/Bisnis Ternak

Leave a Comment