√ 8 Makanan Khas Kalimantan yang Enak dan Wajib Dicoba

8 Makanan Khas Kalimantan yang Enak dan Wajib Dicoba

Sebagai pulau terbesar di Indonesia, Kalimantan memiliki berbagai macam ragam budaya. Setelah Kalimantan Timur diumumkan menjadi Ibukota baru Republik Indonesia, banyak masyarakat yang ingin mengenal lebih jauh wilayah Kalimantan.

Selain terkenal dengan pulau yang memiliki Kawasan hutan yang asri dan memiliki ragam budaya, Kalimantan juga memiliki berbagai macam makanan khas yang menarik dan jangan sampai terlewatkan kalau sedang berwisata ke wilayah ini.

Berbagai macam makanan khas Kalimantan ini wajib kamu coba. Sebagai pecinta kuliner atau seorang traveller tentunya akan kurang lengkap jika berwisata namun tidak mencicipi makanan khasnya.


Makanan Khas Kalimantan


Jika kamu penasaran dan ingin memanjakan lidah kamu dengan makanan khas Kalimantan, berikut merupakan 8 makanan khas Kalimantan yang enak dan wajib untuk dicoba.

1. Ketupat Kandangan

√ 8 Makanan Khas Kalimantan yang Enak dan Wajib Dicoba
id.wikipedia.org

Ketupat kandangan merupakan makanan khas berasal dari daerah Kandangan, Kalimantan selatan. Seperti makanan ketupat pada umumnya, hidangan ini juga menggunakan beras sebagai bahannya.

Yang membedakan ketupat kandangan dengan hidangan ketupat lainnya adalah pengunaan ikan gabus, patina tau gurame yang menjadi menu pelengkapnya.

Ikan yang digunakan untuk ketupat kandangan dipanggang terlebih dahulu sebelum kemudian di masak menggunakan santan. Selanjutnya Ikan gabus dan kuahnya disiramkan ke ketupat.

Kuah santan yang digunakan ketupat ini diracik dengan bumbu-bumbu tradisional seperti cengkih, kayu manis, kapulaga dan pala. Kuah ketupat kandangan agak kental namun memiliki rasa yang sangan gurih dan khas.

Biasanya ketupat kandangan dihidangkan untuk makan pagi, siang maupun malam.

2. Chai Kue

√ 8 Makanan Khas Kalimantan yang Enak dan Wajib Dicoba
pesona.travel

Chai Kue adalah makanan khas dari Kalimantan Barat yang juga merupakan hasil pengaruh yang di bawa oleh keturunan Tionghoa, di mana asal nama chai kue berasal dari Bahasa tionghoa, chai berarti sayuran dan kue berarti kue.

Bentuk hidangan ini mirip dengan kroket atau pastel namun berbeda cara pengolahannya. Chai kue terbuat dari lapisan putih yang tipis dan lembut. Lapisan ini terbuat dari tepung beras dan tepung maizena yang kenyal.

Adonan awalnya memiliki bentuk bola besar, lalu diambil satu genggam untuk kemudian digilas dan dicetak berbentuk lingkaran. Selanjutnya kulit diisi dengan berbagai macam sayuran seperti kucai, bengkuang, rebung, kacang dan keladi.

Namun tidak hanya sayuran, chai kue juga bisa diisi dengan variasi lain seperti rebung dengan daging ayam, daging sapi atau udang.

Biasanya chai kue dimakan sebagai sarapan di Pontianak dan Singkawang, namun tidak sedikit juga orang yang memakannya sebagai camilan.

3. Nasi Bekepor

√ 8 Makanan Khas Kalimantan yang Enak dan Wajib Dicoba
food.detik.com

Nasi bekepor merupakan makanan khas Kalimantan yang juga merupakan warisan dari Kerajaan Kutai Kartanegara. Nasi dengan berbagai macam lauk ini disajikan untuk hidangan istimewa pada masa itu.

Nasi bekepor diolah dari beras yang dimasak menggunakan minyak sayur, rempah, dan potongan ikan asin. Semua bahan-bahan ini dimasak bersamaan dalam sebuah kuali yang besar.

Selain itu, nasi bekepor juga dihidangkan dengan berbagai lauk lainnya sebagai pelengkap seperti daging, sayur terong dengan bawang Dayak, ikan jelawat, atau sambal goreng khas Kalimantan Timur.

Dahulu nasi bekepor merupakan makanan yang di santap oleh keluarga kerajaan, namun sekarang makanan khas ini bisa dinikmati oleh semua orang.

4. Mie Sagu

√ 8 Makanan Khas Kalimantan yang Enak dan Wajib Dicoba
sitimustiani.com

Mie sagu merupakan makanan khas dari Kota Pontianak, Kalimantan Barat. Sesuai Namanya, makanan ini berbahan mie namun terbuat dari tepung sagu.

Mie khas Pontianak ini memiliki tekstur mie yang kenyal namun lembut ketika dikunyah dimulut. Mie sagu juga memiliki tampilan bening dan terlihat seperti bihun.

Ciri khas mie sagu khas Pontianak ada pada tambahan ikan teri, kecambah, potongan daun kucai dan juga kuah kaldunya. Mie sagu ini juga bisa disajikan dengan variasi telur, sosis, ebis, bakso, udang dan yang lainnya.

Jika kamu ingin membuatnya lebih gurih lagi, kamu bisa menambahkan perasan jeruk, kecap ataupun saus sesuai dengan selera kamu.

Biasanya, kuliner warisan dari nenek moyang ini menjadi makanan yang di konsumsi untuk sarapan pagi.

5. Soto Banjar Khas Kalimantan

√ 8 Makanan Khas Kalimantan yang Enak dan Wajib Dicoba
id.wikipedia.org

Soto banjar merupakan hidangan soto khas suku Banjar, Kalimantan Selatan. Hidangan soto ini menggunakan bahan utama ayam serta rempah-rempah seperti kayu manis, biji pala, dan juga cengkih yang memberikan aroma harum.

Soto banjar dapat dicampurkan dengan sedikit susu yang membuat warna kuah soto ini menjadi tidak bening. Soto ini memiliki isian berupa daging ayam yang disuir, perkedel, kentang rebus, telur, potongan wortel dan juga ketupat.

Seperti soto ayam pada umumnya, soto banjar juga menggunakan bumbu bawang merah bawang putih dan merica, namun yang membedakannya adalah tidak menggunakan kunyit.

Bumbu soto banjar ditumis terlebih dahulu menggunakan minyak goreng atau minyak samin sampai harum sebelum nantinya dimasukkan ke dalam kuah rebusan ayam.

Jika kamu sedang berwisata ke Kalimantan, penjual soto Banjar biasanya juga menyajikan sate ayam sebagai hidangan pendamping soto Banjar.

6. Ayam Cincane

√ 8 Makanan Khas Kalimantan yang Enak dan Wajib Dicoba
masakandapurku.com

Ayam Cincane merupakan makanan khas Kalimantan Timur. Dahulu, makanan ini hanya dihidangkan untuk acara-acara penting serperti pernikahan. Namun sekarang makanan ayam cincane bisa ditemui di berbagai rumah makan di Kalimantan Timur.

Ayam cincane menggunakan ayam kampung sebagai pilihan ayamnya. Ayam dimasak menggunakan santan, bumbu dan rempah-rempah seperti lengkuas, jahe, dan kemiri.

Daging ayam kampung yang disajikan dengan bumbu kemerahan ini menjadi ciri khas dari ayam cincane. Makanan ini juga akan sangat nikmat jika dimakan dengaan nasi putih hangat.

7. Kerupuk Basah

√ 8 Makanan Khas Kalimantan yang Enak dan Wajib Dicoba
pesona.travel

Kalau di Palembang ada empek-empek, maka di Kalimantan ada Kerupuk basah. Jika kamu sedang berwisata atau mengunjungi kota Putussibau, ibukota Kabupaten Kapuas Hulu Kalimantan Barat, maka kurang lengkap rasanya jika tidak mencicipi kerupuk basah.

Meskipun nama hidangan ini kerupuk, namun sekilas terlihas seperti pempek dari Palembang, namun yang membedakannya adalah dibentuk lonjong memanjang 15-23 cm dengan diameter 2-3 cm.

Perbedaan lainnya adalah pada bahan dan penyajiannya. Kerupuk basah menggunakan ikan belida atau ikan toman yang dibalut dengan tepung tapioka.

Sedangkan untuk penyajiannya, kerupuk basah akan disiram menggunakan kuah sambal merah atau kuah kacang. Biasanya warung tempat kamu membeli kerupuk basah akan menyuguhkan dua jenis sambal sesuai dengan selera kamu.

Makanan khas yang satu ini paling enak dimakan atau dinikmati selagi masih panas. Rasa dari kerupuk basah yang kenyal, pedas manis dan aroma ikan berpadu ketika kamu mengunyahnya.

Namun meskipun makanan ini dipenuhi ikan, kamu tidak akan mencium bau amis. Hal ini dikarenakan proses pengukusannya sesuai. Tertarik mencoba makanan khas Kalimantan yang satu ini?

8. Pengkang

√ 8 Makanan Khas Kalimantan yang Enak dan Wajib Dicoba
pesona.travel

Pengkang merupakan makanan khas Kalimantan Barat. Jika kamu pecinta kuliner atau sedang mengunjungi Kalimantan Bar, maka tidak ada salahnya mencoba makanan khas yang satu ini.

Dari segi tampilan, pengkang terilhat sederhana dan biasa saja, namun dibalik itu, ketika kamu mencobanya, rasa dari makanan ini mampu menggugah selera.

Biasanya di banyak daerah di Kalimantan Barat, pengkang menggunakan udang kering sebagai isiannya.

Jika kamu ingin mencicipi makanan khas yang satu ini, pengkang dapat kamu jumpai di sepanjang jalan raya Pontianak-Sungai Pinyuh.

Keyword: Makanan Khas Kalimantan

Leave a Comment