√ 8 Makanan Khas kebumen yang Terkenal Lezat dan Mantap

8 Makanan Khas kebumen yang Terkenal Lezat dan Mantap

Kebumen merupakan salah satu kota yang nama dan keberadaannya mungkin tidak seterkenal Yogyakarta ataupun Semarang.

Namun, Kebumen memiliki banyak tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Selain itu Kebumen juga menjadi salah satu kota yang jadi incaran wisatawan.

Sebut saja Benteng Van Der Wijck atau Gua Jatijajar yang menjadi salah satu tempat wisata andalan yang ada di Kebumen. Tentunya masih banyak lagi tempat wisata lainnya yang menarik dikunjungi.

Selain memiliki banyak tempat wisata yang menakjubkan, Kebumen juga memiliki banyak makanan khas yang terkenal dan bahkan beberapa bisa ditemukan di daerah lainnya.

Namun tentunya menikmati makanan khas Kebumen akan beda pengalaman dan sensasinya jika kamu memakannya langsung dari daerah ini.


Makanan Khas Kebumen


Penasaran dengan makanan khas dari Kebumen? Berikut merupakan 8 makanan khas Kebumen yang terkenal lezat, enak dan mantap.

1. Soto Tamanwinangun

√ 8 Makanan Khas kebumen yang Terkenal Lezat, Enak dan Mantap
mynewvera.blogspot.com

Soto Tamanwinangun merupakan makanan yang berasal dari Tamanwinangun, Kebumen. Berbedaa dengan soto lainnya, Soto Tamanwinangun menggukan daging entok atau itik Serati.

Tidak hanya itu saja, kuah soto pada makanan ini juga berbada, dimana pada soto ini tidak menggunakan kuah bening seperti soto pada umumnya.

Kuah soto pada Soto Tamanwinangun menggunakan kuah santan yang dipadukan dengan kaldu entok. Ditambah dengan suwiran daging entok atau itik Serati menamnah kenikmatan soto ini.

Untuk setiap porsi Soto Tamanwinangun biasanya dilengakapi dengan potongan ketupat. Sehingga makanan ini jadi pilihan yang tepat jika menginginkan makanan lezat yang mengenyangkan.

2. Sate Ambal

√ 8 Makanan Khas kebumen yang Terkenal Lezat, Enak dan Mantap
hitsbanget.com

Sate Ambal merupakan salah satu sajian Nusantara yang berasal dari Kebumen, Jawa Tengah. Sate ini diracik dari daging ayam dengan bumbu kuning dan rempah sebagai perendam daging satenya.

Yang membuat sate Ambal berbeda dengan sate lainnya adalah bumbunya yang menemani sate ini pada saat disantap.

Bumbu kacang dan bumbu kecap menjadi pelengkap dari sate kebanyakan. Sate dini biasanya disajikan dengan bumbu tempe atau sambal tempe.

Rasa yang di tawarkan Sate Ambal ini tidak udah diragukan lagi. Sate ini juga tidak sulit untuk di jumpai, Sate Ambal ini banyak di jumpai di pesisir Pantai Laguna.

Jika kalian berkesempatan mengunjungi Kebumen dan ingin mencoba kuliner khas Kebumen, Sate Ambal bisa menjadi pilihan yang tepat untuk dicoba.

3. Nasi Penggel

√ 8 Makanan Khas kebumen yang Terkenal Lezat, Enak dan Mantap
genpi.co

Nasi Penggel merupakan salah satu kuliner khas Kebumen yang mudah untuk di jumpai, karna makana ini tersedia di pinggiran jalan ataupun pusat kota.

Makanan khas ini dapat di jumpai hanya di pagi hari, karna memang Nasi Penggel ini lebih nikmat disantap di pagi hari ketika di jadikan sarapan.

Kuliner ini disebut Nasi Penggel karna cara penyajian makanan pada nasinya dibentuk bulat-bulat kecil atau dipenggel.

Nasi Penggel biasa disajikan dengan sayur gori atau Nangka muda, daun singkong, sayur tempe, kikil, babat, tahu dan mendoan hangat.

Penyajiannya biasanya menggukan daun pisang yang dibentuk kerucut namun pada saat ini banyak juga yang menyajikannya yang menggunakan piring dengan alas daun pisang.

Nasi panggel merupakan makanan senerhana yang sangat disayangkan untuk dilewatkan jika kalian berkunjung ke Kebumen.

4. Lanting

√ 8 Makanan Khas kebumen yang Terkenal Lezat, Enak dan Mantap
jenginten.com

Lanting merupakan salah tau cemilan khas Kebumen. Lanting khas kebumen ini berbentuk angka delapan atau bisa juga berbentuk bulatan kecil.

Lanting sendiri terbuat dari bahan siingkong yang diparut. Singkong tersebut kemudian dubuat menjadi kepalan,lalu dikukus hingga matang.

Selanjutnya singkong di pres hingga kering untuk menghilangkan kadar air dari singkong tersebut, kemudian singkong yang yang sudah lebut tersebut diberi tepung singkong dan siap untuk digoreng.

Pada awalnya lanting hanya memiliki satu rasa saja yaitu rasa bawang. Nmun pada saat ini sudah banyak variasi rasa yang tersedia pada cemilan khas Kebumen ini.

Untuk harga cemilan yang satu ini juga tidak terlalu mahal, yaitu sekitar 10 ribu rupiah sampai dengan 20 irbu rupiah perkilonya.

Harga lanting juga bisa berbeda-beda tergantung dari kualitas bahan baku yang digunakan. Dengan harga terjangkau Lanting ini sangat cocok dijadikan oleh-oleh jika kalian berkunjung ke Kebumen.

5. Sale Pisang

√ 8 Makanan Khas kebumen yang Terkenal Lezat, Enak dan Mantap
perpus.jatengprov.go.id

Sale pisang adalah cemilan yang berasal dari kebumen. Mungkin kalian bisa menemukan Sale Pisang di beberapa daerah lainnya di Indonesia.

Tapi setiap daerah memiliki keunikan tersendiri dalam proses pengolahannya. Bahan untuk membuat Sale pisang tidak lain tidka bukan adalah pisang yang kemudian dikeringkan.

Cara pengeringannya adalah dengan cara di jemur. Proses penjemuran ini sebagai proses pengawetan alami sehingga nantinya sale pisang akan bertahan jalam jangka waktu yang lama.

Setelah pisang telah kering, kemudian akan di goreng dengan menggunakan adonan tepung terigu. Harga untuk mendapatkan Sale Pisang ini juga sangat terjangkau.

Cemilan yang satu ini menjadi pilihan yang terbaik jika kalian ingin menjadikannya oleh-oleh jika kalian berkesempatan mengunjungi Kebumen.

6. Jipang Kacang

√ 8 Makanan Khas kebumen yang Terkenal Lezat, Enak dan Mantap
food.detik.com

Jipang kacang adalah jajanan tradisional yang berasal dari Kebumen, Jawa Tengah. Jajanan ini ini memiliki rasa manis, legit dan lengket.

Bahan untuk membuat jipang tanah juga sangat sederhana yaitu kacang tanah dan gula jawa atau gula aren.

Kacang tanah yang sudah di giling dan disangrai kemudian di siramkan dengan gula kental hingga merata diatas loyangnya.

Tekstur dari jajanan tradisional ini yang pada dan empung dengan rasa manus gurih membuat Jipang Kacang begitu digemari hingga saat ini.

Kabarnya, Jipang kacang ini sudah dibuat oleh nenek moyang sejak zaman dahulu kala. Yang membedakannya adalah dulu Jipang Kacang menggukan daun kering sebagai bungkusannya.

Jajanan tradisional ini paling nikmat jika ditemani dengan the atau kopi panas pada saat bersantai disore hari setelah beraktivitas.

7. Yutuk Goreng

√ 8 Makanan Khas kebumen yang Terkenal Lezat, Enak dan Mantap
goodnewsfromindonesia.id

Yutuk adalah hewan laut yang mudah dijumpai di pesisir pantai Kebumen. Hewan bercangkang yang mirip dengan untur-undur ini menjadi bakwan atau rempeyek.

Dengan menjadikannya bakwan atau rempeyek membuatnya memiliki rasa yang khas seperti udang. Makanan ini biasanya menjadi pelengkap untuk menyantap pecel yang biasa di jajakan disana.

Harga untuk menikmati makan ini juga sangat murah, 5 ribu rupiah untuk pecel dan seribu rupiah untuk satu peyek yutuk. Rempeyek yutuk juga di kenal dengan rempeyek untur-undur.

8. Soto ayam Petanahan

√ 8 Makanan Khas kebumen yang Terkenal Lezat, Enak dan Mantap
rifqinh.blogspot.com

Soto Ayam Petanahan merupakan makanan khas dari kebumen yang wajib untuk dicoba. Sekilas soto ini terlihat seperti soto ayam pada umumnya.

Namun yang berbeda adalah kuah kental yang kaya akan rasa gurih didalamnya, karna disajikan dengan bumbu rempah seperti kunyit dan jehe yang menambah citarasa soto ini.

Penyajian soto ini juga sedikit berbeda dari soto pada umumnya, yang dimana soto ini tidak menyajikan kubis dan soun didalam sotonya.

Makanan yang satu ini tidak boleh dilewatkan, karna tidak hanya rasanya yang enak dan lezat, namun juga mengenyangkan perut.

Keyword: Makanan Khas Kebumen

Leave a Comment