√ 7 Makanan Khas Padang yang Enak dan Menggugah Selera

7 Makanan Khas Padang yang Enak dan Menggugah Selera

Nasi padang adalah makanan sejuta umat karena kita bisa menemukan warung masakan padang di mana-mana.

Bahkan, walaupun begitu banyak penjual nasi padang, kuliner khas padang ini tetapi tidak pernah membosankan dan selalu menjadi andalan bersama teman atau keluarga jika ingin makan bersama dengan harga yang murah meriah namun kalian tetap bisa makan sepuasnya.

Mungkin selain itu, yang membuat kuliner padang ini tidak pernah membosankan adalah kuah berbagai makananya kentalnya yang berlemak, gurih, dan terkadang terasa pedas, namun pedasnya berbeda dari pedas biasanya, seperti pedas yang menyenangkan, tidak membuatmu sangat terbakar.

Tentang nasi padang, lauk pauknya juga beraneka ragam sampai-sampai membuat bingung, ingin memilih yang mana.

Dan mungkin pilihan kita tertambat pada makanan yang sudah menjadi ikon kuliner Padang, yaitu rending.

Padahal, ada berbagai lauk lainnya yang tak kalah gurih dan nikmat. Atau mungkin kita terkadang menikmati lauk selain rending, namun tidak tahu nama lauk itu.


Makanan Khas Padang


Kira-kira apa saja makanan khas padang yang enak? Mari kita berkenalan dengan makanan-makanan ini.

1. Rendang

√ 7 Makanan Khas Padang yang Enak dan Menggugah Selera
reseppedia.com

Seperti yang disebutkan sebelumnya, rending merupakan ikon kuliner makanan khas padang. Makanan ini begitu terkenal di mana-mana sampai-sampai kepopuleran rending sudah mencapai dunia internasional lho.

Banyak vlogger luar negeri yang melalui video mereka mencoba rending dan tidak ada yang tidak menyukainya.

Bahkan band luar negeri juga yang bahkan sampai menciptakan lagu yang mengekspresikan kecintaanya pada rending.

Tidak hanya berhenti di situ, rending juga termasuk dalam 50 makanan terbaik versi guiness book record.

Kepopuleran rending sungguh bukan main-main. Ini artinya, cita rasa rending pun begitu lezatnya bukan main, bahkan sampai tidak ada siapa pun yang menolak menikmati rending.

Rahasia kelezatan rendang adalah bumbu racikan khas padang yang telah meresap ke dalam daging yang direbus dan dimasak bersama bumbu-bumbu. Waktu menunggu hingga bumbu meresap pun tidak main-main.

Prosesnya mencapai 4 jam. Ini juga yang mebuat daging rendang begitu empuk dan lembut. Bisa terbayang besarnya usaha membuat rendang yang akhirnya sebanding dengan luhurnya kelezatan rendang yang selalu jadi andalan kita ketika menikmati nasi padang.

2. Kalio dagiang

√ 7 Makanan Khas Padang yang Enak dan Menggugah Selera
cookpad.com

Banyak yang mengira bahwa makanan ini adalah rendang yang bedanya hanya terletak di kuahnya.

Kalio dagiang adalah menu lain dari makanan khas padang yang sekilas tampilannya seperti rendang karena merupakan daging sapi yang dibumbui dengan bumbu khas padang juga. Bedanya adalah makanan ini berkuah.

Walaupun secara bahan olahan, dua makanan ini sama, sebenarnya makanan ini berbeda dan memiliki nama yang berbeda pula.

Orang-orang padang menyebutnya kalio dan jika diperhatikan dengan seksama warna bumbu kalio dagiang lebih cerah dari rendang.

Selain itu, tidak hanya daging sapi saja yang diolah menjadi kalio, namun juga bagian jeroan seperti usus dan babat, atau biasanya ada juga bagian kikil.

Mungkin kamu sering menikmatinya ketika di warung masakan padang, namun hanya belum mengetahui namanya. Sekarang kamu tidak akan keliru lagi, kan.

3. Dendeng batokok

√ 7 Makanan Khas Padang yang Enak dan Menggugah Selera
reseppedia.com

Jika diperhatika makanan khas padang tidak lepas dari olahan daging ya, termasuk makanan yang satu ini. Ya, dendeng batokok.

Mungkin makanan ini sudah sering kamu dengar namanya dan juga kamu nikmati.

Sesuai namanya makanan khas padang ini adalah daging yang telah dipukul-pukul hingga pipih, seperti yang kita ketahui dengan dendeng.

Yang membuat dendeng batokok menjadi begitu spesial adalah bumbunya. Sekali lagi, bumbu khas padang memang dapat dikatakan sebagai cita rasa yang menciptakan rasa yang luhur dan dicintai semua orang.

Dendeng batokok pun tak kalah dicintai karena bumbu khas padangnya.

4. Ayam goreng laos

√ 7 Makanan Khas Padang yang Enak dan Menggugah Selera
saribundo.biz

Sebenarnya jika diperhatikan baik-baik menu makanan yang berasal dari padang adalah makanan yang begitu sederhana dan serupa dengan berbagai makanan pada umumnya.

Namun, padang memiliki racikan bumbu spesial yang membuatnya menjadi spesial dan berbeda, termasuk pula ayam goreng laos yang satu.

Seperti ayam goreng lainnya, makanan ini merupakan daging ayam yang digoreng. Namun makanan yang satu ini menggunakan satu bumbu dominan yang jarang dipakai pada ayam goreng pada umumnya, yaitu laos, salah satu jenis rempah.

Bumbu inilah yang membuat ayam goreng ini memiliki cita rasa gurih yang kuat dan khas.

Selain itu, biasanya ayam goreng ini digoreng dengan taburan kremes dan juga srundeng. Rasa gurih makanan pun semakin bertambah dan membuatmu jadi tidak bosan lagi memakan ayam goreng.

5. Gulai banak

√ 7 Makanan Khas Padang yang Enak dan Menggugah Selera
jitu-news.blogspot.com

Mungkin kalian merasa asing dengan nama makanan ini dan mungkin juga kalian belum pernah mencoba makanan yang satu ini.

Gulai banak adalah makanan khas padang yang merupakan olahan otak sapi yang dimasak dengan bumbu gulai. Mungkin kalian merasa jijik karena bahan olahannya adalah otak sapi.

Akan tetapi, sebenarnya otak sapi tak kalah bergizi dari daging sapi karena otak sapi mengadung berbagai vitamin B. kita tahu kan, bahwa berbagai vitamin B sangat baik untuk kesehatan tubuh kita.

Selain itu, racikan bumbu khas padang yang telah meresap ke dalam otak sapi, membuat cita rasa otak sapi itu jadi lezat dan membuatmu menyesal jika tidak berani mencicipinya.

Bahkan, karena kelezatan otak sapi dan bumbu-bumbu gulai yang meresap akan membuatmu justru sulit berhenti menikmati gulai banak ini.

6. Palai rinuak

√ 7 Makanan Khas Padang yang Enak dan Menggugah Selera
idntimes.com

Jika sebelum ini kita telah membicarakan berbagai makanan khas padang yang merupakan olahan sapi, kali ini kita beralih ke olahan lain, yaitu ikan.

Untuk makanan yang satu ini, mungkin kalian termasuk orang yang pernah menikmatinya. Makanan ini termasuk menu yang sering disajikan pula di warung masakan padang.

Walaupun begitu, mungkin kita tidak tahu namanya dan hanya menyebutnya pepes ikan.

Ya, palai rinuak adalah pepes ikan khas padang. Wajar saja jika kita menyebutnya pepes ikan karena tampilan palai rinuak tidak jauh berbeda dari pepes ikan pada umumnya.

Yang membuat makanan ini berbeda dari yang lain adalah dari bumbu rempah khas padang. Selain itu, ikan yang diolah adalah ikan yang ukurannya sangat kecil.

Karena ukuran ikan-ikan yang kecil inilah, bumbu jadi sangat meresap dan membuat makanan ini memiliki rasa gurih yang begitu kuat.

7. Cincang

√ 7 Makanan Khas Padang yang Enak dan Menggugah Selera
jogjga.tribunnews.com

Setelah olahan sapi dan ikan, mari kita beralih ke makanan khas padang dengan olahan yang lain, yaitu cincang.

Bisa dibilang, makanan satu ini termasuk jarang disajikan di warung masakan padang karena biasanya warung-warung tersebut tidak menyajikan daging kambing.

Cancang adalah makanan khas padang dengan olahan daging kambing yang dicincang kemudian dimasak dengan kuah yang dicampur dengan gilingan cabai rawit dan cabai merah.

Karena itu pula, cancang juga termasuk makanan yang terasa sangat pedas dari makanan padang yang lain.

Jika kamu khawatir dengan bau apek daging kambing, tenang saja. Cancan telah diolah dengan proses menghilangkan bau apeknya terlebih dahulu. Selain itu, jika kamu adalah pecinta pedas sejati, kamu harus mencicipi makanan satu ini.

Keywords: Makanan Khas Padang

Leave a Comment