√ 8 Makanan Khas Pemalang yang Menggugah Selera dan Terkenal Enak

8 Makanan Khas Pemalang yang Menggugah Selera dan Terkenal Enak

Pemalang merupakan salah satu kota di Jawa Tengah yang juga menjadi incaran para wisatawan untuk berkunjung dan mendatangi tempat wisata.

Tempat wisata di Pemalang sendiri terbilang banyak dan sangat menarik untuk dikunjungi. Terlebih banyaknya wisata alam yang menakjubkan.

Namun selain wisata alam yang menarik untuk di datangi, Pemalang juga memiliki berbagai macam makanan khas yang terkenal enak dan wajib untuk dicoba.

Makanan khas yang tersedia di pemalang ini sangat cocok untuk buru dan dijadikan wisata kuliner baik untuk kamu yang sekadar berkunjung atau pecinta kuliner.

Jika kamu berwisata ke Pemalang, tentunya akan lebih lengkap lagi jika kamu juga mencicipi berbagai macam makanan khas dari daerah ini, terlebih makanannya terkenal enak.


Makanan Khas Pemalang


Penasaran dengan makanan khas Pemalang? Berikut merupakan 8 makanan khas Pemalang yang menggugah selera dan juga terkenal enak.

1. Kepiting Lemburi

√ 8 Makanan Khas Pemalang yang Menggugah Selera dan Terkenal Enak
gotravelly.com

Kepiting pada umumnya merupakanan makanan seafood dengan cangkang yang identik keras dan membutuhkan alat tambahan untuk memecahkan cangkang.

Namun berbeda dengan makanan khas Pemalang yang satu ini, yaitu kepiting lemburi, di mana kamu bisa memakan semua bagian kepiting yang ada.

Ya benar! Selain rasanya yang nikmat kamu juga tidak perlu takut lagi dengan cangkang kepiting yang tajam karena sudah diolah sedemikian rupa.

Biasanya kepiting lemburi disajikan ke pengunjung dengan kremesan khas Pringjajar yang melingkari dua potong kepiting lemburi. Meskipun renyah, namun kepiting lemburi tidak kehilangan cita rasa khasnya yang enak, dan nikmat luar biasa.

Selain itu, kepiting yang dipilih dan digunakan untuk hidangan ini adalah kepiting dengan ukuran montok serta memiliki banyak telur di dalamnya.

2. Grombyang

√ 8 Makanan Khas Pemalang yang Menggugah Selera dan Terkenal Enak
travelingyuk.com

Grombyang merupakan saah satu makanan khas Pemalang yang wajib untuk kamu cob ajika kamu sedang berkunjung atau berwisata ke daerah ini.

Nama makanan khas yang satu ini berasal dari bentuk penyajiannya, yaitu kuah yang lebih banyak dari pada isi dan membuatnya terlihat bergoyang-goyang.

Untuk sajian khas Pemalang yang satu in, terdiri dari nasi, irisan daging kerbau dan juga kuah serta disajikan dengan mangkuk kecil yang dilengkapi dengan sate kerbau.

Yang menjadi ciri khas lainnya dari nasi grombyang ini adalah pada tempaj jualannya yang berupa kuali besar, tempat nasi yang ditutupi dengan kain merah.

Tempat berjualannya pun memiliki penerangan yang remang-remang dan pembeli yang menikmati makanan khas satu ini duduk di kursi kecil yang pendek.

3. Sate Loso

√ 8 Makanan Khas Pemalang yang Menggugah Selera dan Terkenal Enak
phinemo.com

Sate loso merupakan makanan khas dari Pemalang dengan sajian sate yang konon berasal dari Pak Loso yang berasal dari Weleri. Makanan khas Pemalang yang satu ini biasanya disajikan dengan menggunakan bumbu kacang dengan rasa yang khas.

Cita rasa khas ini karena penggunaan cabai merah. Kmau juga bisa memesannya dengan bumbu kecap. Selain itu, sate ini juga bisa disajikan dengan sejenis sup yang berisikan tulang muda, urat dan juga tauge.

Karena daging yang digunakan sangat empuk, kamu tidak perlu repot-repot atau berusaha keras ketika sedang mengunyahnya.

Konon kabarnya, garis keturunan dari Pak Loso yang memiliki resep paling asli dari sajian sate ini berada di Jalan Urip Sumoharjo dan juga RM Sate Loso Pah In.

4. Pecak belut

√ 8 Makanan Khas Pemalang yang Menggugah Selera dan Terkenal Enak
perpus.jatengprov.go.id

Jika selama ini Pemalang terkenal dengan makanan khasnya yang bernama grombyang, maka kamu juga bisa mecoba makanan khas lainnya yang bernama pecak belut.

Pecak belut atau pecak welut merupakan makanan khas pemalang yang juga menjadi menu andalan bagi para pengunjung atau wisatawan yang datang ke pemalang.

Olahan khas dengan menggunakan bahan belut ini memiliki variasi yaitu pecak welut santan dan juga pecak welut sambal kering.

Belut yang digunakan pada makanan ini di goreng lalu diulek pelan-pelan di atas sambal terasi sebelum selanjutnya diguyutr dengan santan.

Untuk varian lainnya, jika pecak belut sudah diolah diatas cobek, maka bisa langsung disajikan dan ditemani tambahan seperti daun pepaya, mentimun dan juga tauge.

Pecak belut yang terkenal di Pemalang dan menjadi incaran wisatawan adalah pecak belut warung Bu Niti.

5. Bakso Balungan

√ 8 Makanan Khas Pemalang yang Menggugah Selera dan Terkenal Enak
kulinerpemalang-willygaluh.blogspot.com

Bakso balungan merupakan makanan khas Pemalang dengan sajian baso yang wajib dicicipi terlebih jika kamu adalah seorang penggemar hidangan baso.

Bakso balungan sendiri merupakan hidangan bakso yang disajikan dengan balungan atau tulang dengan daging sapi yang menempel.

Hidangan bakso yang seperti ini tentunya terlihat sangat menggiurkan dan menggugah selera serta rasanya yang semakin gurih.

Tidak hanya itu saja, jika kamu beruntung, kamu bahkan bisa memesan bakso sumsum yang terdapat sumsum di dalam tulangnya.

Dinamai bakso balungan, hal ini dikarenakan bakso yang disajikan tidak hanya bakso saja melainkan juga dengan potongan tulang yang masih memiliki balutan irisan daging.

6. Tahu Pletok

√ 8 Makanan Khas Pemalang yang Menggugah Selera dan Terkenal Enak
tribunnews.com

Tahu pletok merupakan makanan khas Pemalang berupa jajanan dari bahan dasar utama tahu yang juga wajib untuk kamu coba jika kamu berkunjung ke daerah ini.

Tahu yang diguanakan untuk membuat makanan khas ini di buat dengan cara memecah tahu dengan tangan dan ditambahkan aci lalu di goreng sampai kering terlebih dahulu.

Ketika menggoreng pastikan hingga agak kecokelatan. Setelah berwarna kecokelatan, tahu akan mengeluarkan aroma yang khas yang membuatnya ingin segera dinikmati.

Jika kamu ingin mencoba makanan khas yang satu ini kamu tidak perlu khawatir dengan harganya, karena harga untuk tahu pletok cukup terjangkau.

Selain itu, makanan khas yang satu ini akan lebih dan sangat nikmat lagi jika dinikmati selagi hangat.

Kamu bisa dengan mudah menjumpai tahu pletok di daerah sentra industry tahu pletok di desa Karang Moncol, kecamatan Randudongkal, Pemalang.

7. Lontong Dekem

√ 8 Makanan Khas Pemalang yang Menggugah Selera dan Terkenal Enak
ksmtour.com

Lontong dekem merupakan makanan khas dari pemalang lainnya yang juga wajib untuk dicicipi ketika kamu sedang berkunjung atau berwisata.

Makanan khas Pemalang yang satu ini lebih cocok untuk disantap ketika sore atau malah hari.

Hal ini dikarenakan kuah dari lontongnya diracik dengan berbagai macam rempah untuk menghangatkan badan.

Lontong dekem sendiri dikenal sejak tahun 90-an dan nama makanan ini diambil dari cara pengolahannya.

Lonton disiram dengan kuah santan lalu ditumpahkan lagi, disiram lagi, ditumpahkan lagi dan seterusnya hingga beberapa kali siraman sehingga lonton terendam.

8. Kamir

√ 8 Makanan Khas Pemalang yang Menggugah Selera dan Terkenal Enak
craftlog.com

Kamir merupakan makanan khas Pemalang berupa jajanan yang sangat terkenal dan banyak tersedia serta dijual di daerah-daerah lain tidak terkecuali di Jakarta.

Sejatinya makanan ini berasal dari arab, namun kamu dapat dengan mudah menemukan makanan kamir ini di Pemalang.

Tamir sendiri terbuat dari adonan bahan yang menggunakan telur, mentega, terigu dan terkadang ditambahkan pisang atau tape.

Tidak hanya itu, kamir juga tersedia dala dua varian rasa, yakni kamir terigu dan juga kamir beras.

Nama kamir sendiri berasal dari Bahasa arab Khamir yang memiliki arti ragi.

Keyword: Makanan Khas Pemalang

Leave a Comment