√ 8 Makanan Khas Pontianak yang Enak dan Tidak Boleh Terlewatkan

8 Makanan Khas Pontianak yang Enak dan Tidak Boleh Terlewatkan

Pontianak merupakan salah satu kota terbesar di Kalimantan yang tepatnya berada di Kalimantan barat. Pontianak juga terkenal dengan tempat wisata tugu katulistiwanya.

Sebagai kota yang dilalui oleh sungai Kapuas, Pontianak juga memiliki banyak tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi oleh wisatawan baik wisatawan dari Kalimantan, luar Kalimantan atau mancanegara.

Namun tidak hanya wisata alam atau tempat wisata lainnya, kamu juga berwisata kuliner di Pontianak. Hal ini karena Pontianak memiliki beberapa makanan khas yang wajib dicicipi.

Sebagai wisatawan, travellers atau sekadar hanya mengunjungi Pontianak untuk keperluan pekerjaan, akan sayang jika tidak mencicipi makanan khas dari daerah ini juga.


Makanan Khas Pontianak


Penasaran apa saja makanan khas Pontianak? Berikut merupakan 8 daftar makanan khas Pontianak yang enak dan tidak boleh terlewatkan untuk dicicipi

1. Bubur Ikan Pontianak

√ 8 Makanan Khas Pontianak yang Enak dan Tidak Boleh Terlewatkan
cookpad.com

Makanan khas Pontianak yang pertama adalah bubur ikan. Makanan khas Pontianak yang satu ini sangat berbeda dengan hidangan bubur pada umumnya.

Meskipun menggunakan nama bubur, namun olahannya cukup berbeda. Jika bubur yang biasa atau sering kita santap adalah bubur ayam yang mudah ditemukan dimanapun.

Maka di Pontianak terdapat hidangan bubur yang cukup unik namun menarik untuk dicoba dicicipi, yaitu bubur ikan khas Pontianak.

Yang menjadi pembeda dari bubur ikan Pontianak dengan hidangan bubur lainny adalah kuah dan juga potongan ikan laut atau sungai yang digunakan.

Meskipun tidak menggunakan ayam, bubur ikan ini juga dilengkapi dengan sayuran dan telur ayam kampung untuk menambah kelezatan ketika disantap.

Selain itu, bubur ikan khas Pontianak ini biasanya dijual pada malam hari.

2. Burung Punai Pontianak

√ 8 Makanan Khas Pontianak yang Enak dan Tidak Boleh Terlewatkan
hericfood.blogspot.com

Burung punai Pontianak merupakan makanan khas Pontianak yang menggunakan bahan utama burung punai untuk hidangannya.

Burung punai sendiri merupakan jenis burung yang cukup mirip dengan burung merpati, namun memiliki warna bulu hijau dan paruh berwarna kemerahan.

Burung punai juga banyak dan dapat dengan mudah ditemukan di Pontianak sehingga banyak orang yang menangkap dan mengolahnya menjadi makanan.

Makanan khas Pontianak yang satu ini juga merupakan makanan khas yang terkenal di Pontianak dan akan sayang jika tidak dicicipi ketika datang ke daerah ini.

Burung punai yang jadi bahan utama dapat diolah dan disajikan dengan cara digoreng ataupun dibakar sesuai dengan selera.

Selain itu, makanan khas Pontianak ini memiliki tekstur daging yang lembut, rasa gurig yang meresap ke dalam daging dan juga sangat memanjakan lidah.

Tentunya hidangan burung punai khas Pontianak ini juga lezat untuk menemani nasi putih hangat.

3. Chai Kwe / Choi Pan

√ 8 Makanan Khas Pontianak yang Enak dan Tidak Boleh Terlewatkan
pesona.travel

Chai kwe / choi pan merupakan makanan khas Pontianak yang juga merupakan salah satu makanan yang paling digemari oleh masyarakat Pontianak.

Makanan khas Pontianak yang satu ini biasanya dijadikan santapan pagi bagi masyarakat Pontianak.

Kulit yang dibuat untuk hidangan choi pan dibuat dengan menggunakan campuran tepung beras dan juga sagu. Sedangkan isiannya berupa sayuran atau bengkuang yang diiris tipis dan dicampurkan dengan ebi serta bawang putih.

Pada bagian atasnya ditambahkan bawang goreng putih. Isian yang enak ini menjadi kunci dari kelezatan makanan khas Pontianak bernama choi pan.

Tidak hanya menjadi santapan pagi saja, choi pan juga bisa dijadikan camilan sehat karena hanya direbus dan memiliki isisan sayur-sayuran.

Untuk menambah kelezatan, kamu juga bisa mencocol choi pan dengan sambal yang pedas.

4. Bingke Berendam

√ 8 Makanan Khas Pontianak yang Enak dan Tidak Boleh Terlewatkan
makananoleholeh.com

Bingke berendam merupakan makanan khas Pontianak berupa kue yang memiliki berbagai macam varian rasa seperti kentang, durian, keju dan berbagai macam rasa lainnya.

Makanan khas Pontianak berupa kue ini disebut bingke berendam karena bentuk permukaannya yang memiliki bentuk seperti bunga mekar.

Bingke berendam juga menjadi salah satu menu wajib yang ada ketika berbuka puasa. Bahkan banyak warga yang menganggap tak lengkap jika berbuka tidak menyantap kue ini.

Kue bingke sendiri dibuat dengan menggunakan tepung beras, telur, gula dan juga santan. Untuk proses pemanggangannya, kue ini harus di panggang 2x.

Biasanya makanan khas berupa kue ini cocok untuk dijadikan sebagai oleh oleh ketika kamu berkunjung atau berwisata ke Pontianak.

5. Sotong Pangkong

√ 8 Makanan Khas Pontianak yang Enak dan Tidak Boleh Terlewatkan
makananoleholeh.com

Sotong pangkong merupakan makanan khas Pontianak yang menggunakan bahan cumi untuk dimasak dengan cara dipanggang.

Namun, sebelum dipanggang, cumi dijemur terlebih dahulu hingga kering barulah dipanggang hingga matang.

Setelah cumi dipanggang, cumi akan dipukul-pukul agar memiliki tekstur yang tidak alot dan lebih empuk ketika dimakan.

Biasanya sotong pangkong dimakan dengan menggunakan kuah sambal kacang atau sambal pedas manis untuk menambah kenikmatannya.

Sotong pangkong juga merupakan salah satu kuliner khas Ramadhan yang ada di Pontianak.

Selain itu, sebagian besar masyarakat Pontianak biasa menikmati sonkong pangkong tanpa menggunakan nasi.

6. Pisang Goreng Srikaya Pontianak

√ 8 Makanan Khas Pontianak yang Enak dan Tidak Boleh Terlewatkan
polisitidur.com

Membaca kata pisang goreng yang terbayang mungkin hanya sebatas gorengan pisang yang biasa saja dan dapat dengan mudah ditemukan di daerah manapun.

Namun, pisang goreng khas Pontianak ini cukup berbeda. Hal ini dikarenakan pisang yang digunakan merupakan pisang nipah yang mana hanya tumbuh di Pontianak saja.

Makanan khas Pontianak yang satu ini juga menjadi salah satu makanan wajib dinikmati ketika berwisata kuliner dan tidak boleh terlewatkan.

Tidak hanya jenis pisang yang berbeda yang digunakan, melainkan juga terdapat ciri khas lain seperti cara penyajian pisang goreng.

Pisang goreng Pontianak ini biasanya disajikan dengan selai srikaya yang dibuat menggunakan telur dan buah srikaya.

Oleh karena itu hidangan yang satu ini disebut pisang goreng srikaya. Makanan ini juga biasanya menjadi menu sarapan di pagi hari.

7. Es Krim Angi

√ 8 Makanan Khas Pontianak yang Enak dan Tidak Boleh Terlewatkan
anekawisata.com

Es krim angi merupakan salah satu kuliner khas dari Pontianak yang juga wajib untuk dicicipi jika sedang berkunjung atau berwisata di daerah ini.

Es krim angi sendiri merupakan es krim buatan tangan yang sangat lembut ketika masuk ke mulut. Es krim ini pun memiliki berbacai macam rasa seperti coklat, strawberry, vanilla dan nangka.

Yang membuat es krim ini unik jika dibandingkan dengan es krim lainnya adalah adanya tambahan kacang merah, agar-agar, lelehan cokelat dan juga cincau.

Selain itu, akan menjadi lebih menarik lagi jika es krim ini disajikan di atas batok kelapa dan di santap ketika siang hari.

8. Kue Kantong Semar

√ 8 Makanan Khas Pontianak yang Enak dan Tidak Boleh Terlewatkan
makananoleholeh.com

Kue kantong semar merupakan makanan khas Pontianak yang disajikan di dalam kantong semar. Makanan yang satu ini cukup unik dan menarik untuk dicoba dan dicicipi.

Sebenarnya kantong semar merupakan salah satu jenis tanaman yang dilindungi, namun kebijakan pemerintah memperbolehkan penggunaannya untuk melestarikan budaya.

Kue kantong semar sendiri dapat sering dijumpai di acara daerah atau kenegaraan.

Kue yang disajikan di dalam kantong semar ini merupakan beras pulut yang dicampur kacang merah lalu kemudian di kukus.

Selain itu, makanan khas Pontianak yang satu ini berasal dari daerah pesisir Kalimantan Barat.

Keyword: Makanan Khas Pontianak

Leave a Comment