√ 8 Makanan Khas Sulawesi Tengah yang Sayang Dilewatkan

8 Makanan Khas Sulawesi Tengah yang Sayang Dilewatkan

Sama seperti daerah Sulawesi lainnya, Sulawesi Tengah juga memiliki banyak sekali tempat wisata alam yang menakjubkan untuk dikunjungi.

Destinasi wisata alam seperti pantai, air terjun, pemandangan, snorkelling, bukit telebatis merupakan yang terkenal di Sulawesi Tengah.

Salah satu wisata alam yang sangat menarik untuk dikunjungi misalnya Bomba Divers, di mana kamu dapat melakukan snorkelling dan menikmati keindahan bawah laut.

Namun, tidak hanya memiliki kekayaan tempat wisata alam saja. Sulawesi Tengah juga memiliki berbagai macam makanan khas yang wajib dicicipi.

Jika kamu pecinta kuliner atau sedang berwisata ke Sulawesi Tengah tentunya akan kurang lengkap jika tidak mencicipi berbagai makanan khas dari daerah ini.


Makanan Khas Sulawesi Tengah


Penasaran apa saja makanan khas Sulawesi Tengah? Berikut merupakan 8 daftar makanan khas Sulawesi Tengah yang lezat dan sayang untuk dilewatkan.

1. Sambal Ikan Roa

√ 8 Makanan Khas Sulawesi Tengah yang Lezat dan Sayang Dilewatkan
jatim.tribunnews.com

Sambal Ikan Roa merupakan sambal yang terbuat dari bahan dasar Ikan Roa yang sudah dihaluskan telebih dahulu. Ikan Roa sendiri dapat ditemukan di perairan Sulawesi.

Sambal Ikan Roa sudah sangat populer dikalangan masyarakat Palu. Sambal ikan Roa juga banyak dijadikan buah tangan oleh para wisatawan yang berkunjung ke Palu.

Untuk harga Sambal ikan Roa juga terjangkau sehingga tidak membuat kantong kering. Dengan harga yang terjangkau, membuat Sambal Ikan Roa menjadi pilihan yang tepat untuk oleh-oleh.

Rasa yang ditawarkan oleh Sambal ikan roa ini juga sangat unik dimana rasanya siap untuk menggoyangkan lidah siapa saja yang menyantapnya.

2. Kapurung

√ 8 Makanan Khas Sulawesi Tengah yang Lezat dan Sayang Dilewatkan
makassar.tribunnews.com

Kepurung merupakan makanan yang berasal dari Sulawesi selatan. Tetapi, karna letaknya yang berdekatan dengan Palu makanan ini bisa jumpai pada saat berkunjung ke kota Palu.

Kepurung merupakan makan yang terbuat dari bahan dasar sagu. Kemudian diaduk dengan menggunakan air panas hingga teksturnya menyerupai lem kertas.

Cara untuk memakan Kepurung ini juga cukup unik, dimana meletakan bola-bola sagu kedalam mangkuk yang kemudian akan ditambahkan dengan sayur yang sudah direbus.

Tidak hanya itu saja, kemudian akan di siram dengan kaldu ikan, ditambahkan dengan manga dan udang rebus. Membuatnya sangat nikmat pada saat disantap

Kepurung ini juga memiliki cita rasa yang sangat lezat sehingga sangat disayangkan jika dilewatkan pada saat berkunjung ke Palu.

3. Palumara

√ 8 Makanan Khas Sulawesi Tengah yang Lezat dan Sayang Dilewatkan
selerasa.com

Kota Palu memiliki berbagai macam mankanan dengan berbahan dasar seafood. Jika kalian tertarik untuk menikmati seafood yang ada di kota Palu maka Palumara bisa menjadi pilihan yang tepat.

Palumara merupakan makanan yang berbahan dasar ikan denga kuah kuning serta bumbu kunyit yang mirip seperti ikan manis.

Kepala kakap merah dipilih sebagai bahan dasar masakan ini. Bahan dasar masakan ini juga bisa diganti dengan ikan tongkol atau ikan bandeng.

Memiliki cita rasa yang lezat ditemani dengan nasi hangat menambah kenikmatan tersendiri pada saat menyantap makanan yang satu ini.

4. Kue Perangi

√ 8 Makanan Khas Sulawesi Tengah yang Lezat dan Sayang Dilewatkan
putratravel.net

Kue Parangi termasuk dalam salah satu makanan khal Palu yang cukup populer. Kue Perangi sendiri memiliki cara dan resep yang cukup sederhana dalam pembuatannya.

Walaupun Kue Perangi memiliki resep dan bahan-bahan yang sederhana tapi kue ini memiliki rasa yang lezat dan nikmat pada saat disantap.

Dengan memiliki cita rasa yang lezat untuk disantap, Kue Perangi ini sangat Populer dikota Palu bahkan hingga masyarakat asing.

Kue Perangi juga terkenala dengan nama bolu gula merah. Kue perangi juga memiliki bentuk yang mirip dengan kue Apem yang merupakan salah satu kue khas Jawa.

Bahan yang digunakan untuk membuat kue p Perangi adalah tepung terigu, gula merah, soda kue, serta minyak.

Kue Perangi juga memiliki rasa yang didominasikan manis sehingga dapat menjadi pilihan yang tepat untuk dijadikan oleh-oleh pada saat berkunjung ke kota Palu.

5. Nasi Jagung

√ 8 Makanan Khas Sulawesi Tengah yang Lezat dan Sayang Dilewatkan
merahputih.com

Seperti Namanya, Nasi jagung merupakan makanan yang berbahan dasar jangung. Jagung yang digunakan untuk membuatnya juga jagung yang sudah dikeringkan terlebih dahulu.

Kemudian jagung tersebut akan di tumbuk hingga memiliki tekstur yang kasar berbentuk beras jagung. Lalu beras jagung tersebut dicampurkan beras lalu dimasak.

Memasak nasi jagung itu sendiri menggunakan kukusan yang terbuat dari bamboo. Untuk rasa yang di tawarkan nasi jagung sendiri juga tidak bisa diragukan lagi.

6. Burasa

√ 8 Makanan Khas Sulawesi Tengah yang Lezat dan Sayang Dilewatkan
id.wikipedia.org

Burasa Merupakan salah satu sajian makanan buras atau biasa lebih dikenal lontong dengan bentung gepeng. Barusa kerap diartikan sebagai bubur beras dengan beragam rasa.

Burasa terbuat dari bahan dasar beras yang kemudian diberi bumbu yang setelah itu dibungkus dengan menggunakan daun pisang lalu direbus kurang lebih selama 4jam.

Dulu, Burasa hanya disajikan pada saat acara hajatan adan Palu. Namun, sekarang Burasa dapat dijumpai di pasar tradisional yang ada di Palu.

Burasa biasanya dijual dengan harga 6 rubu rupiah perikat dilengkapi dengan lalampa dalam satu paket. Rasa yang ditawarkan oleh Burasa juga sangat lezat untuk disantap.

Karna memiliki rasa yang lezat untuk disantap, makanan ini sangat cocok untuk di jadikan sarapan sebelum memulai bekerja atau aktivitas lainnya.

7. Kerak Sagu

√ 8 Makanan Khas Sulawesi Tengah yang Lezat dan Sayang Dilewatkan
ensiklopedi.dapurrakyat.id

Kerak sagu merupakan salah satu makanan yang memiliki cara pengolahan yang mirip dengan kerak telor yyang merupakan makanan khas dari Betawi.

perbedaannya dengan kerak telor adalah bahan utamanya. Sesuai dengan namanya, Kerak Sagu menggunakan sagu sebagai bahan utamanya yang dicampur dengan kelapa parut terlebih dahulu.

Setelahh itu, seperti pengolahan kerak telur. Kerak sagu kemudian dituangkan kedalam Loyang yang sudah diberi minyak terlebih dahulu.

Untuk menambah cita rasa dari makanan ini, maka dapat ditambahkan dengan telur ayam atau telur bebek yang sudah dicampurkan dengan Kerak Sagu tersebut.

Kerak Sagu sendiri memiliki cita rasa lezat tersendiri. Jadi sangat di sayangkan jika tidak mencoba makanan yang satu ini jika berkunjung ke Palu.

8. Bawang Goreng Khas Palu

√ 8 Makanan Khas Sulawesi Tengah yang Lezat dan Sayang Dilewatkan
merdeka.com

Bawang goreng khas Palu ini merupakan bawang goreng yang bebeda dengan bawang gorang yang ada pada umumnya.

Perbedaanya Bawang Goreng Khas Palu dengan bawang goreng pada umumnya adalah kerenyahan, wangi dari bawang goreng tersebut dan rasa yang ditawarkan.

Bawang Goreng khas Palu memiliki aroma yang sangat tajam dan juga rasa yang gurih pada saat disantap. Bawang Goreng Khas Palu ini sangat cocok menjadi pelengkap hidangan.

Jika sedang berkunjung ke Palu, makan jangan lupa untuk membeli Bawang Goreng Khas Palu ini untuk oleh-oleh ataupun untuk kalian sendiri.

Bawang Goreng Khas Palu juga mampu bertahan dalam jangka waktu yang lama sehingga kalian tidak perlu khawatir jika ingin menyimpan bawang goreng ini.

Beberapa pemilik usaha yang terdapat di kota Palu menyatakan bahwa bahan baku yang digunakan adalah bawang batu.

Bawang batu merupakan salah satu jenik bawang yang dikembangkan pada kabuten SIgi dan Lembah kora Palu.

Sehingga tidak diherankan jika bahan yang digunakan adalah bawang dengan kualitas nomor satu karna bawang batu sendri mempunyai sedikit kandungan air.

Keyword: Makanan Khas Sulawesi Tengah

Leave a Comment