√ 8 Makanan Khas Tegal yang Enak dan Menggugah Selera

8 Makanan Khas Tegal yang Enak dan Menggugah Selera

Tegal merupakan salah satu kota di Jawa Tengah yang memiliki julukan kota bahari, namun ada juga yang menyebut Tegal sebagai kota kuliner.

Hal ini dikarenakan banyaknya makanan khas Tegal yang enak dan menarik minat para pecinta kuliner atau wisatawan untuk mencicipinya.

Selain terkenal dengan “warteg (warung tegal)” yang ada di hampir setiap kota-kota di Indonesia Tegal juga memiliki berbagai macam tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi.

Tidak hanya tempat wisata, Tegal juga memiliki banyak makanan khas yang bisa menjadi buruan untuk wisata kuliner di daerah ini.

Berwisata ke Tegal atau mengunjungi Tegal tentunya akan kurang lengkap jika kamu tidak mencicipi langsung makanan khas Tegal langsung dari daerahnya.


Makanan Khas Tegal


Jika kamu ingin berkunjung dan mencicipi langsung makanan khas tegal, berikut merupakan 8 makanan khas tegal yang enak dan menggugah selera.

1. Sate Tegal

√ 8 Makanan Khas Tegal yang Enak dan Menggugah Selera
kumparan.com

Sate tegal merupakan salah satu makanan khas dari Tegal yang populer dan terkenal di berbagai kota di Indonesia. Bahkan banyak daerah membuka usaha makanan dengan menu Sate tegal.

Sate tegal sendiri merupakan sate yang dibuat dengan menggunakan bahan dasar daging kambing atau domba muda yang dipotong menjadi seukuran dadu.

Daging kambing atau domba tersebut dikombinasikan dengan lemak, hati atau ginjal. Lalu kemudian dibakar di atas bara arang kayu atau arang batok kelapa hingga matang.

Aroma yang tercium dari pembakaran sate ini memiliki bau yang sangat khas. Selain itu tidak perlu menyelupkannya ke dalam kecap manis terlebih dahulu.

Yang membedakan sate tegal dengan sate biasa adalah pada penyajiannya.

Biasanya sate tegal disajikan dengan bumbu sambal kecal yang menggunakan bahan kecap manis, cabai rawit, tomat dan bawang merah.

2. Soto Tauco

√ 8 Makanan Khas Tegal yang Enak dan Menggugah Selera
jateng.tribunnews.com

Berwisata ke Tegal tentunya akan kurang lengkap jika tidak menikmati hidangan khas tegal yang satu ini, yaitu soto tauco.

Soto tauco khas Tegal ini adalah hidangan soto yang cukup berbeda dengan hidangan soto lainnya yang ada di daerah-daerah atau kota-kota lain.

Yang membuat soto tauco ini unik adalah perpaduan antara kaldu sapi dengan rasa yang gurih dengan tauco yang memiliki rasa sediki asin, manis dan asam.

Perpaduan dari rasa gurih, sedikit asin, asam dan manis pada soto ini benar-benar menggugah selera, enak dan memanjakan lidah ketika disantap.

Tauco sendiri berasal dari gula merah, kedelai, dan garam yang di fermentasi. Tauco tersebut kemudian diberi berbagai macam bumbu yang membuat rasa yang menggoda.

Biasanya pengunjung bisa memilih varian soto tauco, mulai dari soto babat, soto ayam ataupun soto daging sapi sesuai dengan selera pengunjung.

3. Tahu Aci

√ 8 Makanan Khas Tegal yang Enak dan Menggugah Selera
id.wikipedia.org

Tahu aci merupakan makanan khas Tegal lainnya yang populer dan terkenal serta menjadi buruan para pecinta kuliner atau wisatawan yang berkunjung ke Tegal.

Meskipun terlihat cukup sederhana, namun tahu aci khas Tegal memiliki rasa yang enak, tekstur yang renyah dan membuat banyak orang yang mencobanya ketagihan.

Selain itu, tahu aci juga akan menjadi lebih nikmat dan enak lagi jika ditambahkan dengan cocolan atau cabai rawit ketika menyantapnya.

Tahu aci atau yang punya sebutan lain tahu peltok ini dibuat dengan menggunakan bahan utama tahu berwara kuning dengan ukuran kecil diagonal segitiga.

Tahu kemudian dibumbui dan diberi adonan aci lalu kemudian di goreng terlebih dahulu sebelum siap untuk dihidangkan dan dimakan.

Tidak hanya itu, biasanya tahu aci khas Tegal ini juga menjadi oleh-oleh yang dibeli ketika berkunjung ke Tegal.

4. Sega Lengko

√ 8 Makanan Khas Tegal yang Enak dan Menggugah Selera
id.wikipedia.org

Sega lengko merupakan makanan khas pantai utara, termasuk daerah Tegal dan sekitarnya.

Makanan khas tegal yang satu ini memiliki banyak protein dan karbohidrat serta rendah kalori karena menggunakan bahan-bahan yang 100% bukan hewani.

Sega lengko sendiri adalah makanan yang terdiri dari nasi putih hangat, tahu goreng, tempe goreng, tauge, timun, daun kucai, bawang goreng, bumbu kacang dan juga kecap manis.

Namun kecap manis yang digunakan untuk sega lengko adalah kecap manis encer dan bukan kecap manis yang kental.

Untuk menambah kelezatan, pada bagian atasnya ditaburi bawang goreng dan juga sekeping kerupuk aci yang menjadi pelengkapnya.

Biasanya sebagian orang suka untuk melumuri kerupuk dengan kecap.

5. Rujak Teplak

√ 8 Makanan Khas Tegal yang Enak dan Menggugah Selera
ksmtour.com

Rujak teplak merupakan makanan khas Tegal lainnya yang tidak kalah menarik untuk di coba dan dicicipi ketika berkunjung ke daerah ini.

Rujak teblak sendiri terbuat dari bahan beberapa sayur seperti kangkung, lembayung, daun papaya, daun singkong, jantung pisang, tauge, pare dan timun yang direbus.

Dari segi tampilan, makanan khas Tegal yang satu ini mungkin lebih terlihat seperti pecel jika dibandingkan dengan rujak.

Yang membedakan rujak teplak dengan rujak lainnya adalah penggunaan sambalnya. Sambal terbuat dari campuran aneka bumbu yang dilarutkan air dan terlihat seperti bumbu pecel.

Dari segi penyajian, makanan khas Tegal yang satu ini dibungkus dengan menggunakan daun pisang.

6. Nasi Ponggol

√ 8 Makanan Khas Tegal yang Enak dan Menggugah Selera
ksmtour.com

Nasi ponggol merupakan makanan khas Tegal berupa nasi yang dibungkus dengan daun pisang dan lauknya sambal tempe goreng.

Biasanya, nasi ponggol ini dijadikan menu hidangan sarapan oleh masyarakat Tegal karena sudah memiliki kebiasaan memakan makanan ini pagi hari.

Namun sekarang tidak perlu khawatir, jika kamu ke Tegal dan ingin mencoba hidangan ini, kamu bisa menemukannya baik sore hingga malam hari.

Nasi ponggol ini sendiri paling pas untuk disantap dan dinikmati ketika masih dalam keadaan hangat.

Perpaduan sambal goreng tempe yang memiliki rasa gurih, pedas dan manis dipadukan dengan nasi putih hangat yang pulen, tentunya akan memanjakan lidah.

7. Kupat Bongkok

√ 8 Makanan Khas Tegal yang Enak dan Menggugah Selera
jateng.tribunnews.com

Kupat bongkok merupakan makanan khas Tegal yang juga menjadi salah satu makanan kegemaran masyarakat Tegal.

Tidak seperti namanya, makanan khas Tegal yang satu ini tidak menggunakan bahan dasar kupat, melainkan menggunakan lontong.

Makanan khas dengan olahan beras ini disajikan di mangkuk dengan sambal goreng, taoge serta kuah yang berasal dari rebusan tempe semangit.

Biasanya, pedagang kupat bongkok menyediakan kecap dan sambal secara terpisah yang bisa ditambahkan pengunjung sesuai selera.

Tidak hanya itu saja, pengunjung juga bisa menggunakan lauk tambahan seperti tempe goreng dan juga udah goreng tepung.

8. Latopia

√ 8 Makanan Khas Tegal yang Enak dan Menggugah Selera
travel.tribunnews.com

Jika di Yogyakarta ada bakpia, maka Tegal juga memiliki makanan khas berupa jajanan yang serupa dengan nama latopia.

Jajanan khas Tegal yang satu ini dibuat dengan menggunakan campuran kacang hijau dan gula yang dibungkus dengan tepung lalu kemudian dipanggang.

Perbedaannya dengan bakpia adalah, latopia ini memiliki ukuran yang lebih besar serta memiliki bentuk yang lebih kering.

Jajanan ini akan terasa lebih enak ketika dimakan selagi masih hangat. Sedangkan rasa yang paling banyak disukai adalah rasa kacang hijau.

Namun, sebenarnya tidak hanya rasa kacang hijau saja yang ada di makanan ini, ada juga rasa lainnnya seperti cokelat, susu dan juga buah.

Jajanan Tegal yang satu ini juga bisa dijadikan sebagai oleh-oleh ketika kamu berkunjung atau berwisata ke Tegal.

Keyword: Makanan Khas Tegal

Leave a Comment