√ 5 Fenomena Dalam Keseharian Kita yang Terjadi Akibat Rotasi Bumi

2 Akibat Rotasi Bumi

Akibat Rotasi Bumi – Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa bumi ini memang berputar. Namun apakah anda tahu apa saja akibat rotasi bumi tersebut?

Akibat dari rotasi sangat beragam, dan hampir semuanya sebenarnya telah kita rasakan tanpa sadar.


Akibat Rotasi Bumi


Agar anda bisa menghilangkan rasa penasaran anda, segera saja yuk kita bahas apa saja akibat rotasi bumi. Simak penjelasan berikut ini:

1. Terjadinya siang dan malam akibat rotasi bumi

Rotasi bumi membuat bumi mengalami siang dan malam. Tentu saja ini mudah untuk anda pahami. Wilayah yang terkena matahari adalah wilayah yang sedang mengalami masa siang.

Ketika bumi berputar atau berotasi, maka posisi wilayah yang tadinya kena matahari menjadi berpindah tempat ke sebaliknya, sehingga mengalamai waktu malam.

Pada saat yang sama pula, wilayah yang tadinya mengalami waktu malam pun berubah menjadi mengalami waktu siang.

Seperti di Negara Indonesia, secara garis besar berada pada waktu siang selama 12 jam, dan berada pada waktu malam selama 12 jam.

Namun tidak semua negara berada di pembagian siang dan malam yang sama seperti Indonesia. Ada negara yang mengalami masa siangnya begitu lama hingga 20 jam, dan hanya 4 jam mengalami masa malam.

Ada pula yang terus-terusan mengalami masa malam dan hanya beberapa jam saja yang siang. Hal ini dikarenakan adanya perbedaan posisi negara sehingga berbeda pengaruhnya dari rotasi bumi.

Oleh karena itulah, anda tidak perlu bingung jika suatu hari berkunjung ke Negara yang waktu malamnya terlalu lama atau waktu siangnya yang terlalu lama. Karena itu adalah hal yang biasa dikarenakan pengaruh dari rotasi bumi.

2. Terjadinya perbedaan waktu

Apakah anda tahu bahwa waktu Indonesia Barat (WIB) itu berbeda dengan Waktu Indonesia Tengah (WITA) selama 1 jam? Demikian juga WITA dengan dengan Waktu Indonesia Timur (WIT) juga berbeda 1 jam.

Bahkan bukan hanya di Indonesia saja, ada banyak tempat yang memiliki perbedaan waktu. Baik di dalam negaranya sendiri, atau perbedaan dengan negara lainnya. Semua perbedaan waktu itu adalah akibat rotasi bumi.

Di dunia ini, terdapat 24 daerah yang memiliki waktu berbeda. Namun untuk pusat daerahnya berada di kota Greenwic, yaitu Inggris dan terletak di bujur 0⁰.

Perbedaan bujur itulah yang menyebabkan adanya perbedaan waktu di dunia ini. Setiap perbedaan 15⁰, maka akan ada perbedaan waktu selama 1 jam.

Jika di daerah Greenwich sendiri, pada bagian sebelah barat Greenwich akan mengalami waktu yang lebih lambat. Dan pada bagian timurnya akan lebih cepat 1 jam.

Di Indonesia juga sama seperti itu. Bagian barat lebih lambat dari bagian timur, atau bagian timur menjadi lebih cepat dari bagian barat.

Oleh karena itulah misalnya jika di Aceh adalah jam 08.00 WIB, maka di Bali sudah menunjukkan jam 09.00 WIT. Pada saat yang sama pula di Maluku sudah menunjukkan jam 10.00 WITA.

Jadi jika anda suatu hari berpergian ke daerah lain di Indonesia atau di luar negeri yang mengalami waktu berbeda, jangan heran jika ketika anda menghubungi orang lain di daerahmu jamnya berbeda. Itu terjadi karena waktunya memang berbeda di setiap daerah.

Itulah beberapa akibat rotasi bumi yang harus anda ketahui. Terkadang orang akan binggung jika terjadi perubahan waktu dan penasaran akan adanya siang dan malam. Pasalnya semua hal tersebut samgat berpengaruh pada rotasi bumi.

Keyword: Akibat Rotasi Bumi

Leave a Comment