√ Konsep Desain Kartu Undangan dan Kata-Kata Undangan Pernikahan

Konsep Desain Kartu Undangan dan Kata-Kata Undangan Pernikahan

Kata-Kata Undangan Pernikahan – Pernikahan menjadi salah satu momen yang sangat dinantikan oleh setiap pasangan. Berbagai hal perlu disiapkan demi terselenggaranya acara dengan baik dan lancar.

Mulai dari konsep atau tema pernikahan, dekorasi, gaun, konsumsi, tempat pelaksanaan acara, dan masih banyak lagi. Salah satu persiapan yang tidak bisa terlewatkan dari acara pernikahan adalah membuat undangan.

Undangan pernikahan menjadi salah satu hal yang penting, sebab undanganlah yang akan pertama kali sampai kepada tamu. Dimana itu akan memberi kesan pertama pula bagi mereka atas pesta pernikahan anda.

Sehingga undangan pernikahan ini memiliki peran yang penting karena juga menjadi salah satu cerminan pesta pernikahan yang akan diselenggarakan.

Oleh karenanya, dengan pemilihan kartu undangan serta konsep pernikahan yang menarik tentu akan memberikan kesan pertama yang baik bagi para tamu undangan.

Prinsipnya semakin bagus dan unik sebuah kartu undangan, akan memberikan sedikitnya gambaran akan pesta pernikahan anda itu.

Namun perlu diperhatikan tanpa adanya konsep pernikahan yang tepat, semenarik apapun kartu undangan yang dibuat akan terasa sia-sia saja.

Jangan sampai justru mengecewakan tamu undangan yang hadir, karena ekspektasi tak seindah realita. Maka dari itu, lebih baik diskusi mengenai konsep haruslah dibuat matang dahulu, agar keduanya bisa sesuai.


Membuat Undangan Menggunakan Jasa Vendor


√ Konsep Desain Kartu Undangan dan Kata-Kata Undangan Pernikahan
nikahnya.com

Pada umumnya, undangan pernikahan diedarkan antara dua minggu atau selambat-lambatnya seminggu sebelum acara dilaksanakan. Itu merupakan waktu yang ideal untuk pendistribusian undangan.

Tentu saja untuk mengantisipasi tamu yang diundang memiliki acara yang berbenturan pada saat hari-H pernikahan anda dan terpaksa tidak menghadirinya.

Hal itu juga dapat memberikan kesempatan pada mereka untuk mempersiapkan diri dan mengunci waktu agar bisa menghadiri acara pernikahan anda.

Pendistribusian kartu undangan bisa dilakukan dengan berbagai cara, mulai dari diantar sendiri, menggunakan perantara, dikirim via ekspedisi, maupun undangan online di sosial media.

Karena itu, sebaiknya memang menggunakan undangan pernikahan yang praktis dan fleksibel. Anda bisa mulai dari menentukan anggaran dana memilih vendor untuk membuat kartu undangan tersebut.

Pada dasarnya, setiap vendor memiliki ciri khas yang berbeda-beda dalam membuat kartu undangan. Sedikit tips bagi anda jika tidak memiliki banyak waktu untuk hal ini, anda bisa menggunakan jasa vendor yang lokasinya terdekat dari anda saja.

Sehingga apabila terdapat revisi yang harus dilakukan, anda bisa dengan mudah mengatur waktunya. Perlu diperhatikan juga, usahakan memilih vendor yang mau terbuka dalam pelayanan terhadap klien.

Ini akan membantu anda mendapatkan kenyamanan dalam proses pembuatan, baik terbuka akan segala masukan maupun perbaikan sesuai dengan yang diinginkan.


Konsep Kartu Undangan


√ Konsep Desain Kartu Undangan dan Kata-Kata Undangan Pernikahan
penganten.com

Hal pertama yang perlu anda lakukan setelah memilih vendor, adalah menentukan konsep kartu undangan.

Seperti yang sudah dipaparkan diatas, untuk menentukan konsep kartu undangan sebaiknya disesuaikan dengan konsep acara pernikahannya juga.

Setelah menentukan konsep atau desain undangan, anda bisa memilih jenis atau tekstur kartu undangan tersebut. Terdapat tiga jenis kartu undangan yang bisa anda pilih sesuai dengan keinginan, yaitu:

1. Kartu undangan hardcover

Kartu undangan jenis ini tergolong yang paling mahal. Sebab pada pembuatannya dibutuhkan beberapa bahan tambahan selain kertas biasa. Umumnya juga diberi aksesoris untuk memberikan kesan mewah.

Kertas yang digunakan dalam kartu undangan hardcover diantaranya seperti kertas art paper, kertas karton padi, kertas jasmine, kertas art carton, kertas ivory dan lainnya.

2. Kartu undangan semi hardcover

Kartu undangan jenis ini merupakan perpaduan antara jenis hardcover dan softcover. Umumnya dibuat lebih dari satu lembar, dengan berbentuk minimal dua lipatan.

Ketebalan kertas yang digunakan cenderung sedang. Kertas yang biasa digunakan adalah kertas BW/ BC/ Linen/ Concord, Samson kraft, art paper, kertas jasmine, mecy paper, dan lainnya.

3. Kartu undangan softcover

Jika tidak ingin menggunakan anggaran dana terlalu banyak untuk membuat kartu undangan, anda bisa memilih kartu undangan jenis ini karena harganya yang relatif lebih murah dibandingkan dengan kedua jenis di atas.

Bahan kertas yang digunakan umumnya sama dengan kartu undangan semi hardcover. Yang membedakan keduanya hanya ketebalan kertasnya saja.

Untuk mengakalinya agar tetap terlihat menarik, anda bisa memilih desain atau konsep yang terbaik dan lebih elegan.


Kata-Kata Undangan Pernikahan


√ Konsep Desain Kartu Undangan dan Kata-Kata Undangan Pernikahan
blogspott.web.id

Selain konsep, desain atau jenis kartu undangan yang dipilih, yang tidak kalah penting adalah mengenai isi dari undangan tersebut.

Sebab itu menjadi esensi dari sebuah undangan. Apapun jenis kartu undangan yang dipilih, mayoritas memiliki isi yang sama.

Diantaranya seperti kedua nama calon pengantin dan orang tuanya, waktu dan tempat acara berlangsung, serta denah menuju lokasi pernikahan. Tambahan lainnya biasanya berupa beberapa kalimat permohonan doa restu dan kata-kata mutiara.

Pemilihan kata-kata dalam undangan pernikahan sangat perlu untuk diperhatikan, karena jika terdapat kesalahan kata dan menjadi tidak jelas justru membuat orang yang menerimanya kebingungan.

Perlu diperhatikan pula dari segi tata bahasa maupun jenis huruf yang digunakan, karena ini berpengaruh pada estetika ketika dibaca. Kata-kata dalam undangan pernikahan ini menjadi fokus yang jangan dianggap remeh.

Bayangkan jika anda yang menerima kartu undangan namun penulisan kata-kata didalamnya tidak jelas, kalimat tidak beraturan, juga menggunakan jenis huruf yang terlalu rumit sehingga menjadi sulit untuk dibaca, tentu menyebalkan bukan?

Sudah pasti hal-hal tersebut akan sangat mengganggu kenyamanan, sekaligus menjadi nilai kurang dari kualitas undangan itu sendiri. Tiga hal utama dalam membuat isi dari kartu undangan adalah sebagai berikut.

eannovate.com

a. Bahasa

Dalam menyusun kata-kata undangan pernikahan hendaknya menggunakan bahasa yang baik dan mudah dimengerti.

Anda bisa menyesuaikan dengan adat di tempat tinggal atau dibuat secara umum menggunakan bahasa yang formal. Ini akan membantu bagi siapa saja yang menerima undangan untuk dapat lebih mudah memahami isinya.

b. Tipografi

Tipografi adalah sebuah teknik atau seni penulisan. Pada dasarnya teknik menulis yang baik adalah tidak adanya kesalahan penulisan atau salah ketik. Selebihnya, tentang penempatan posisi kalimat dimana akan ditempatkan, bisa disesuaikan dengan desain yang dipilih.

c. Jenis Huruf

Jenis huruf yang digunakan dalam kartu undangan sangat mempengaruhi kualitas isi undangan itu sendiri.

Pemilihan jenis huruf ini juga dapat disesuaikan dengan desain yang digunakan di latar undangan tersebut. Tetapi, menggunakan huruf yang basic lebih mudah dan nyaman untuk dilihat.

Kata-kata dalam undangan pernikahan dapat pilih sesuai dengan kebutuhan dan keinginan anda. Terdapat beberapa gaya penulisan kata-kata dalam undangan pernikahan yang bisa anda jadikan pilihan, diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Kata-kata undangan pernikahan ala milenial
2. Kata-kata undangan pernikahan keagamaan
3. Kata-kata undangan pernikahan dengan bahasa daerah maupun internasional

Sebenarnya apapun gaya penulisan yang dipilih semuanya tetap memiliki makna dan tujuan yang sama. Yang terpenting adalah anda tetap perlu berdiskusi bersama pasangan anda untuk menentukan kartu undangan yang akan dibuat.

Dengan adanya kesepakatan bersama, tentu akan menjadi lebih baik karena kedua pihak sama-sama puas akan pilihannya.

Keyword: Kata-Kata Undangan

Leave a Comment