√ 10 Persiapan Pernikahan yang Harus Dipertimbangkan dengan Matang

10 Persiapan Pernikahan yang Harus Dipertimbangkan dengan Matang

Persiapan Pernikahan – Mempersiapkan pernikahan memang bukanlah sesuatu yang mudah. Terdapat banyak hal yang harus dipikirkan serta dipertimbangkan dengan matang-matang.

Sebab merupakan salah satu momen yang berharga dan sangat dinanti-nanti dalam hidup setiap orang.

Bagaimana tidak, hari itu menjadi hari yang begitu istimewa karena akan resmi menjadi pasangan suami istri dan membangun keluarga baru.

Sehingga setiap orang pasti ingin menyiapkan sebaik mungkin agar dapat berjalan dengan lancar dan meninggalkan kesan yang indah.


Persiapan Pernikahan, What You Have To Do?


√ 10 Persiapan Pernikahan yang Harus Dipertimbangkan dengan Matang
wolipop.detik.com

Tak dapat dipungkiri bahwa terkadang persiapan pernikahan itu bisa membuat stres. Banyak hal yang begitu ribet, seringkali terdengar dari mulut teman-teman anda yang sudah menikah.

Tambahan dengan cerita bagaimana lelahnya hari-hari menjelang pernikahan ini pun sering membuat pasangan yang hendak menjadi takut.

Namun yang perlu diperhatikan adalah bahwa menikah bukan hanya dorongan batin, akan tetapi juga akan dibantu oleh banyak orang.

Sehingga sebenarnya tak perlu sampai berpikir terlalu berat dan tegang dalam menjalaninya yang justru akan membuat segalanya tidak berjalan dengan baik.

Untuk itu sebaiknya dalam mempersiapkan pernikahan lebih baik dilakukan dalam waktu yang cukup.

Jangan sampai terlalu mepet, agar tidak terburu-buru dan menjadi tidak maksimal. Kurang lebih anda bisa mempersiapkannya dalam kurun waktu 4-6 bulan saja.

Nah, marilah simak 10 persiapan pernikahan yang wajib kamu checklist agar tidak banyak kerepotan nantinya.

1. Menyesuaikan Waktu Anda dan Pasangan

√ 10 Persiapan Pernikahan yang Harus Dipertimbangkan dengan Matang
duniaq.com

Soal waktu ini terkadang menjadi salah satu kendala, terutama bagi kalian yang sama-sama sibuk bekerja sehingga sulit untuk mencari hari libur bersamaan untuk mempersiapkan pernikahan ini.

Namun, sebenarnya masih bisa disiasati dengan anda mengkomunikasikannya dan mencari waktu yang tepat, sehingga bisa bersama-sama mengurus persiapan pernikahan dengan baik.

Dengan target 4-6 bulan persiapan, anda bisa mulai pada minggu pertama dibulan pertama untuk mematangkan penentuan tanggal pernikahan.

Ketika kalian sudah sepakat, tentu saja dengan melibatkan keluarga ya, karena pernikahan bukan hanya tentang kalian saja. Oleh karena itu penting juga untuk meminta pendapat keluarga.

2. Menentukan Budget

√ 10 Persiapan Pernikahan yang Harus Dipertimbangkan dengan Matang
alienco.net

Dalam persiapan pernikahan, menentukan budget merupakan bagian awal yang perlu anda lakukan. Hal ini dikarenakan setiap orang pasti memiliki batasan biaya yang harus dikeluarkan.

Salah satu keuntungan menentukan budget di awal adalah untuk menyesuaikan dan menyeimbangkan segala keperluan yang dibutuhkan.

Sehingga pembengkakan biaya bisa diminimalisir. Satu hal yang perlu diperhatikan dalam menentukan budget adalah dengan mempersiapkan budget khusus.

Yakni ada uang simpanan untuk hal-hal yang tak terduga jika terjadi sesuatu yang harus membutuhkan biaya tambahan.

Nah, dalam budgeting ini hendaknya melibatkan kedua belah pihak keluarga. Dengan membuat kesepakatan yang lebih transparan antara keduanya, misalnya tentang pembagian biaya dari kedua keluarga calon pengantin itu.

Sehingga nantinya tidak akan ada perselisihan di kemudian hari. Karena memang, persoalan biaya ini seringkali menimbulkan permasalahan.

3. Menentukan Konsep/ Tema Pernikahan

√ 10 Persiapan Pernikahan yang Harus Dipertimbangkan dengan Matang
idntimes.com

Dengan menentukan konsep/ tema pernikahan di awal, akan membantu anda untuk persiapan lainnya. Ini berkaitan juga dengan lokasi, apakah ingin menggelar pesta di gedung, rumah, ataupun dengan konsep outdoor.

Anda perlu mendiskusikannya dengan pasangan, tentu saja karena setiap orang terutama wanita memiliki pesta pernikahan impian.

4. Memilih Lokasi

√ 10 Persiapan Pernikahan yang Harus Dipertimbangkan dengan Matang
hipwee.com

Setelah menentukan konsep/ tema seperti apa yang akan digunakan, maka selanjutnya adalah memilih lokasi pernikahannya.

Ketika anda memilih lokasi di gedung ataupun konsep tempat terbuka yang harus menyewa, salah satu kendala yang kerap ditemui adalah antara waktu pernikahan yang tidak cocok dengan ketersediaan lokasi tersebut.

Sehingga penting untuk mempersiapkannya sejak jauh-jauh hari, serta menyiapkan juga alternatif lokasinya.

Beberapa pertimbangan lain dalam memilih lokasi pernikahan adalah berkaitan dengan lokasi para tamu undangan anda. Carilah lokasi yang tidak terlalu jauh dari mereka, agar banyak tamu undangan yang bisa menghadiri pesta anda.

Pertimbangan lainnya, apabila anda memilih menggunakan halaman rumah untuk mengadakan pesta, hendaknya dipastikan jika memang tempatnya memadai.

Jangan sampai anda justru mengganggu kepentingan umum, karena mungkin halaman rumah anda tidak terlalu luas.

Sementara ketika anda ingin menggunakan konsep pernikahan outdoor, maka anda perlu berpikir ulang karena persiapannya lebih rumit.

5. Memilih Pakaian/Gaun Pengantin

√ 10 Persiapan Pernikahan yang Harus Dipertimbangkan dengan Matang
pinterest.com

Persiapan pakaian/gaun pengantin biasanya memakan waktu yang cukup lama. Terlebih ketika anda memilih untuk mendesain sendiri dan bukan menyewanya. Sehingga sebaiknya dipersiapkan sejak jauh-jauh hari.

Meskipun begitu tidak masalah untuk memilih yang simpel saja, namun tetap disesuaikan dengan lokasi serta tentu saja konsep pernikahan yang ditentukan.

Tak perlu risau, meskipun hanya gaun simpel, anda akan tetap terlihat paling keren kok, karena hari itu menjadi hari anda. ingat, pasangan pengantin akan menjadi raja dan ratu seharian.

6. Memilih Catering

pasberita.com

Merupakan salah satu bagian yang paling penting dalam pesta pernikahan. Tak jarang yang akan menghabiskan biaya yang cukup besar pada bagian ini pula.

Anda tidak bisa sembarangan dalam mempersiapkannya. Tidak harus makanan yang mewah, namun jangan sampai yang kurang layak untuk disajikan.

Kehadiran para tamu selain untuk turut merayakan kebahagiaan anda, tentunya sebagian waktunya akan dihabiskan untuk menikmati jamuan makan. Sehingga betapa pentingnya untuk memilih vendor catering yang berkualitas.

7. Undangan dan Souvenir

pasberita.com

Ketika lokasi dan catering sudah siap, maka selanjutnya adalah menyiapkan undangan dan souvenir pernikahan.

Sebelum mempersiapkan undangan, yang perlu dilakukan terlebih dahulu adalah membuat daftar tamunya. Sementara persiapan undangan ini bisa lakukan sekitar satu bulan sebelumnya.

Untuk mengantisipasi terjadinya kesalahan dalam percetakan undangan, sehingga bisa dilakukan revisi yang tidak menyita waktu. Meskipun untuk pendistribusiannya bisa dilakukan antara dua minggu sebelum hari-H.

Mengenai souvenir, meskipun bukan persiapan yang bisa dibilang urgent, namun anda bisa memangkas waktu dengan mempersiapkannya bersamaan dengan undangan.

Anda juga tidak perlu terlalu berat untuk memikirkan barang apa yang cocok untuk dijadikan souvenir. Sebab ini hanyalah hal pendukung saja, salah satunya adalah agar pesta pernikahan anda menjadi memorable bagi para tamu.

8. Mas Kawin

pasberita.com

Salah satu hal yang tidak terlalu menyita waktu namun memiliki peran penting adalah mas kawin. Dimana menjadi salah satu syarat keagamaan.

Umumnya mas kawin yang sering digunakan adalah cincin. Nah, jangan lupa untuk mendiskusikannya bersama pasangan ya.

9. Menyiapkan Dokumen Pernikahan

popbela.com

Kewajiban yang harus dipenuhi calon pengantin untuk meresmikan ikatan pernikahannya adalah menyiapkan dokumen pernikahan.

Dokumen pernikahan ini sering kali dianggap sepele dan diurus nanti-nanti saja akibat terlalu fokus dengan persiapan teknis lainnya. Padahal dokumen ini begitu penting keberadaannya, dan membutuhkan cukup waktu untuk mengurusnya.

10. Penata Rias, Dokumentasi, Hiburan

pasberita.com

Mendekati hari-H beberapa hal yang perlu dipersiapkan untuk menunjang tampilan sempurna dan memeriahkan pernikahan anda diantaranya adalah tiga hal tersebut. Jangan sampai, pernikahan anda jadi biasa-biasa tanpa mereka.

Diantara 10 persiapan utama pernikahan di atas, masih terdapat beberapa persiapan lainnya diantaranya seperti mempersiapkan seserahan. Ini penting lho, anda harus memastikan sudah melangsungkan lamaran sebelum menikah.

Selain itu, anda harus membentuk panitia pelaksanaan pernikahan jika tidak menggunakan jasa WO. Dan yang tidak kalah penting adalah persiapkan mental anda dengan sebaik-baiknya.

Keyword: Persiapan Pernikahan

Leave a Comment