√ 20 Gunung Tertinggi, Terbesar dan Paling Bahaya di Dunia

20 Gunung Tertinggi, Terbesar dan Paling Bahaya di Dunia

Gunung Tertinggi di Dunia – Berbicara mengenai gunung, banyak sekali gunung yang terdapat di seluruh dunia dengan ketinggian yang berbeda-beda.

Ada yang pendek, sedang dan juga ada gunung yang sangat tinggi. Gunung yang semakin tinggi, biasanya tingkat bahaya juga semakin besar.

Sebelum berbicara lebih lanjut mengenai gunung-gunung apa saja yang tertinggi, terbesar dan paling berbahaya di dunia, maka akan lebih dulu di jelaskan tentang pengertian dan geologi dari gunung.


Pengertian Gunung


Gunung adalah permukaan bumi yang menjulang lebih tinggi dibandingkan daerah sekitarnya. Sebuah permukaan bumi bisa dikatakan sebagai gunung jika tingginya lebih dari 600 m. 

Umumnya gunung mempunyai lereng yang curam dan tajam dan juga dikelilingi oleh pegunungan atau puncak-puncak. Pada beberapa ketinggian, gunung dapat mempunyai dua atau lebih iklim, mempunyai kehidupan, hewan dan tumbuhan yang berbeda-beda.

Dalam kamus KBBI, gunung diartikan sebagai bukit yang sangat besar dan tinggi, yang biasanya ketinggiannya lebih dari 600 meter. Puncak Jaya yang berada di Papua merupakan Gunung tertinggi di Indonesia. 


Geologi Gunung


Gunung memiliki tiga jenis yang utama, yaitu Gunung Api, Gunung Lipatan, dan Gunung Patahan. Ketiganya terbentuk dari lempengan tektonik saat bagian dari kerak bumi bergerak, roboh dan tenggelam. 

Lalu tenaga endogen, pengangkatan isotasi dan istrusi magma mengangkat lapisan batuan tersebut ke atas dan membentuk sebuah daratan yang lebih tinggi dibanding daratan yang ada di sekitarnya.

Ketinggian dari proses pengangkatan tersebut membentuk bukit, bila bukit tersebut lebih tinggi dan lebih curam dari sekitarnya maka terbentuklah gunung. 


Iklim Gunung


Iklim di gunung atau pegunungan akan menjadi semakin dingin setiap naiknya ketinggian. Hal ini disebabkan karena adanya pemanasan bumi oleh matahari yang terjadi secara radiasi.

Sementara itu, adanya efek rumah kaca berfungsi seperti selimut yang merefleksikan panas ke bumi.

Jika efek rumah kaca ini tidak ada, maka panas tersebut akan kembali ke ruang angkasa. Udara di dataran rendah menjadi lebih hangat karena adanya efek rumah kaca ini.

Nah, ketika ketika semakin bertambah ketinggian, maka efek rumah kaca menjadi berkurang sehingga suhu udara di sekitar menurun.


Daftar Gunung Tertinggi, Terbesar dan Paling Bahaya di Dunia


Beberapa gunung tertinggi di dunia terdapat di Pegunungan Himalaya yang mencakup wilayah negara Tiongkok, Nepal, Bhutan dan Pakistan. Berikut daftar gunung-gunung tertinggi di dunia.

1. Gunung Everest

✓ 20 Gunung Tertinggi, Terbesar dan Paling Bahaya di Dunia (2019)
Image Source: bbc.com

Gunung tertinggi pertama di dunia adalah Gunung Everest atau Mount Everest. Gunung Everest terletak di Pegunungan Himalaya yang membentang di wilayah Tiongkok dan Nepal.

Nama Everest berasal dari nama Sir George Everest yang diberikan oleh Sir Andrew Waugh, surveyor-general India berkebangsaan Inggris, penerus Everest.

Puncak Gunung Everest memiliki ketinggian 8.850 mdpl, meskipun terdapat beberapa variasi dari segi ukuran, baik dari pemerintah Tiongkok maupun Nepal.

2. Gunung K2

✓ 20 Gunung Tertinggi, Terbesar dan Paling Bahaya di Dunia (2019)
Image Source: wikipedia.com

Gunung tertinggi kedua di dunia adalah Gunung K2 atau biasa disebut Gunung Godwin Austen, yang berasal dari nama pendaki pertama dari gunung ini.

Gunung ini memiliki ketinggian 8.611 mdpl atau sekitar 28.251 kaki, terletak di Pegunungan Himalaya yang wilayahnya mencakup Tiongkok dan Pakistan.

Gunung K2 memiliki beberapa jalur pendakian, diantaranya Southwest Pillar, South Face, Abruzzi Spur, South-southeast Spur, West Ridge dan West Face.

Selain itu, konon terdapat satu jalur lain yang belum bisa ditaklukan hingga saat ini oleh para pendaki, yaitu jalur East Face.

Dibandingkan Gunung Everset, Gunung K2 terkenal lebih kejam. Terbukti jumlah pendaki yang mencapai puncaknya lebih sedikit dibandingkan dengan jumlah pendaki yang mecapai Everest.

Bahkan tercatat setiap 4 pendaki yang mencapai puncak, satu diantaranya akan meninggal dunia.

Gunung K2 adalah gunung yang sulit ditaklukkan oleh para pendaki, karena udara dingin yang sangat menusuk kulit ditambah lagi dengan kemungkinan badai salju yang sulit untuk diprediksi.

Bahkan badai bisa terjadi dalam waktu yang lama hingga berhari-hari.

3. Gunung Kanchenjunga

✓ 20 Gunung Tertinggi, Terbesar dan Paling Bahaya di Dunia (2019)
Image Source: highhimalayan.com

Gunung tertinggi ketiga di dunia adalah Gunung Kanchenjunga. Kanchenjunga mempunyai arti “Lima Harta Karun Salju”, karena terdiri dari 5 puncak dan empat di antaranya memiliki ketinggian lebih dari 8.450 mdpl.

Puncak yang paling tinggi memiliki ketinggian 8.586 mdpl atau sekitar 28.169 kaki. Gunung merupakan gugusan Pegunungan Himalaya yang mencakup wilayah Nepal dan India.

4. Gunung Lhotse

Image Source: allnepal.com

Gunung tertinggi keempat di dunia adalah Gunung Lhotse, dengan ketinggian 8.516 mdpl atau sekitar 27.940 kaki. Gunung ini terletak di utara wilayah Nepal dan Tiongkok.

Pendaki pertama gunung ini adalah Fritz Luschinger dan Ernst Reiss pada tahun 1956.

5. Gunung Makalu

Image Source: liveabout.com

Gunung tertinggi kelima di dunia adalah Gunung Makalu, dengan ketinggian 8.481 mdpl atau sekitar 27.825 kaki. Gunung ini masih termasuk dalam gugusan Pegunungan Himalaya yang mencakup wilayah Nepal dan Tiongkok.

Gunung ini terletak sekitar 22 km sebelah timur dari Everest. Selain memiliki bentuk yang sangat unik yaitu berupa piramida empat sisi, gunung ini juga merupakan salah satu puncak yang sulit ditaklukkan.

6. Gunung Cho Oyu

Image Source: alpineascents.com

Gunung tertinggi keenam di dunia adalah Gunung Cho Oyu, dengan ketinggian 8.201 mdpl atau sekitar 26.906 kaki. Gunung ini terletak di wilayah Khumbu yaitu sebelah timur wilayah Nepal dan di sepanjang perbatasan Tibet.

Gunung ini juga berlokasi tidak jauh di sebelah barat Gunung Everest dan Gunung Lhotse, sehingga menciptakan jajaran gunung megah yang membentang luas.

7. Gunung Dhaulagiri

✓ 20 Gunung Tertinggi, Terbesar dan Paling Bahaya di Dunia (2019)
Image Source: pinterest.com

Gunung tertinggi ketujuh di dunia adalah Gunung Dhaulagiri, dengan ketinggian 8.167 mdpl atau sekitar 26.795 kaki. Gunung ini termasuk dalam gugusan Pegunungan Himalaya yang mencakup wilayah Nepal.

8. Gunung Manaslu

Image Source: adventurepeaks.com

Gunung tertinggi kedelapan di dunia adalah Gunung Manaslu, dengan ketinggian 8.163 mdpl atau sekitar 26.781 kaki. Gunung ini terletak di wilayah Mansiri Himal, yaitu wilayah bagian dari pegunungan Himalaya.

9. Gunung Parbat

Image Source: wikipedia.org

Gunung tertinggi kesembilan di dunia adalah Gunung Parbat, dengan ketinggian 8.126 mdpl atau sekitar 26.660 kaki. Gunung ini masih termasuk gugusan Pegunungan Himalaya yang terletak di bagian utara Negara Pakistan.

Gunung ini terkenal memiliki tingkat kesulitan medan yang berat setelah Gunung K2 dan mendapat julukan “The Man Eater”. Herman Buhl merupakan pendaki pertama yang mampu menaklukkan gunung ini.

10. Gunung Annapurna

Image Source: wikipedia.org

Gunung tertinggi kesepeluh di dunia dan yang terakhir di dalam daftar ini adalah Gunung Annapurna. Gunung Annapurna memiliki beberapa nama lain seperti Annporna.

Gunung ini termasuk gugusan Pegunungan Himalaya yang mencakup wilayah negara Nepal.

Gunung Annapurna memiliki beberapa puncak, dan puncak tertinggi bernama Annapurna I dengan ketinggian 8.091 mdpl atau sekitar 26.545 kaki.

Maurice Herzog dan Louis Lachenal adalah pendaki-pendaki pertama yang mampu menaklukkan gunung ini pada tahun 1950. 

11. Gunung Gasherbrum I

Image Source: summitclimb.com

Gunung tertinggi kesebelas adalah Gunung Gasherbrum I dengan ketinggian 8.068 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Gunung ini terletak di Negara Pakistan dan China (Tibet). Gunung ini merupakan salah satu gunung yang berada di kawasan pegunungan Himalaya dan Karakoram.

12. Puncak Broad

Image Source: wikipedia.org

Gunung tertinggi kedua belas adalah Puncak Broad dengan ketinggian  8.047 meter di atas permukaan laut (dpl). Gunung ini terletak di Negara Pakistan dan China (Tibet).

Gunung ini juga merupakan salah satu gunung yang berada di kawasan pegunungan Karakoram. 

13. Gunung Gasherbrum II

Image Source: adventurepeaks.com

Gunung tertinggi ketiga belas adalah Gunung Gasherbrum II dengan ketinggian 8035 meter di atas permukaan laut (mdpl). Gunung ini terletak di Negara Pakistan dan China (Tibet).

Gunung ini juga merupakan salah satu gunung yang berada di kawasan pegunungan Karakoram. 

14. Gunung Shishapangma (Gosainthan)

Image Source: wikipedia.org

Gunung tertinggi keempat belas adalah Gunung Shishapangma (Gosainthan) dengan 8.013 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Gunung ini berada di Negara China (Tibet). Gunung ini juga merupakan salah satu gunung yang berada di kawasan pegunungan Himalaya. 

15. Gunung Annapurna II

Image Source: wikipedia.org

Gunung tertinggi kelima belas adalah Gunung Annapurna II dengan 7.937 meter di atas permukaan laut (dpl). Gunung ini terletak di Negara Nepal.

Gunung ini juga merupakan salah satu gunung yang berada di kawasan pegunungan Himalaya. 

16. Gunung Gyachung Kang

Image Source: wikipedia.org

Gunung tertinggi keenam belas adalah Gunung Gyachung Kang dengan 7.897 meter di atas permukaan laut (dpl). Gunung ini terletak di Negara Nepal.

Gunung ini juga merupakan salah satu gunung yang berada di kawasan pegunungan Himalaya.  

17. Gunung Distaghil Sar

Image Source: summitpost.org

Gunung tertinggi ketujuh belas adalah Gunung Distaghil Sar dengan 7.882 meter di atas permukaan laut (dpl). Gunung ini terletak di Negara Pakistan.

Gunung ini juga merupakan salah satu gunung yang berada di kawasan pegunungan Karakoram. 

18. Gunung Himalchuli

Image Source: wikipedia.org

Gunung tertinggi kedelapan belas adalah Gunung Himalchuli dengan 7.864 meter di atas permukaan laut (dpl). Gunung ini terletak di Negara Nepal.

Gunung ini juga merupakan salah satu gunung yang berada di kawasan pegunungan Himalaya. 

19. Gunung Nuptse

Image Source: adventureconsultants.com

Gunung tertinggi kesembilan belas adalah Gunung Nuptse dengan 7.841 meter di atas permukaan laut (dpl). Gunung ini terletak di Negara Nepal.

Gunung Nuptse ini juga merupakan salah satu gunung yang berada di kawasan pegunungan Himalaya. 

20. Gunung Nanda Devi

Image Source: mountain-forecast.com

Gunung tertinggi kedua puluh adalah Gunung Nanda Devi dengan 7.824 meter di atas permukaan laut (dpl). Gunung ini terletak di Negara India.

Gunung ini juga merupakan salah satu gunung yang berada di kawasan pegunungan Himalaya. 


Video Gunung Paling Bahaya di Dunia


Itulah daftar gunung-gunung tertinggi di dunia, untuk mencapainya memang sangat lah sulit namun keindahannya sudah jangan diragukan lagi.

Jika ada saran, kritik, atau tambahan, silahkan tulis di kolom komentar. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Keywords: Gunung Tertinggi Dunia

Leave a Comment