√ 9 Tempat Wisata di Jawa Barat yang Penuh Pesona Alam

9 Tempat Wisata di Jawa Barat yang Penuh Pesona Alam

Rutinitas sehari-hari terkadang membuat kita jenuh, stress dan merasa tertekan. Ada saatnya kita ingin berlibur sejenak meninggalkan semua kesibukan kita dan bisa kembali menyegarkan pikiran.

Indonesia sendiri memiliki banyak sekali tempat wisata yang bisa dikunjungi untuk berlibur, salah satunya wisata di Jawa Barat.

Merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang selalu ramai dan padat saat hari libur. Tempat ini selalu menjadi pilihan bagi masyarakat ibu kota yang ingin menghabiskan waktu bersama keluarga ataupun sahabat.


Wisata Alam di Jawa Barat


Alamnya yang masih sangat asri dikelilingi oleh pegunungan, udaranya yang sejuk dan banyaknya destinasi wisata yang ditawarkan, membuat daerah Jawa Barat tidak akan pernah bosan untuk dikunjungi.

1. Geopark Ciletuh

√ 9 Tempat Wisata Jawa Barat ini Akan Membuatmu Menyatu dengan Alam
liputan6.com

Geopark Ciletuh terletak tidak jauh dari Pelabuhan Ratu. Untuk mencapai kesini kamu harus melewati jalan yang cukup ekstrem dengan tanjakan yang lumayan curam dan tikungan tajam.

Beberapa objek wisata yang bisa kamu kunjungi antara lain Pantai Palangpang, Curug Cimarinjung, Pulau Mandra, Pulau Kunti, Curug Awang, Bukit Dharma dan Curug Sodong.

Untuk menikmati semuanya itu, kamu bisa menginap di Kawasan Kampung Homestay yang masih berada di kawasan Geopark Ciletuh.

2. Pantai Ujung Genteng

√ 9 Tempat Wisata Jawa Barat ini Akan Membuatmu Menyatu dengan Alam
idntimes.com

Salah satu wisata Jawa Barat dengan keindahan pasir putih di sepanjang garis pantainya adalah Pantai Ujung Genteng yang tepatnya berada di Sukabumi.

Keindahan pantai ini terletak pada pasirnya yang putih bersih dan air lautnya yang jernih. Ombaknya yang besar bisa kamu manfaatkan untuk berselancar. Di pantai ini juga terdapat penangkaran penyu loh!

3. Orchid Forest

√ 9 Tempat Wisata Jawa Barat ini Akan Membuatmu Menyatu dengan Alam
pinterest.com

Lembang memiliki banyak sekali tempat wisata yang selalu ramai oleh para wisatawan. Orchid Forest menjadi tempat wisata terbaru dan terhits sekarang ini.

Menyuguhkan keindahan hutan pinus dan berbagai jenis tanaman anggrek, ditambah alamnya yang masih asri, suasana tenang dan udaranya yang menyegarkan menjadi pilihan yang tepat untuk menghabiskan waktu liburan bersama keluarga disini.

Disini juga disediakan area outbound untuk anak, taman kelinci dan persewaan kuda. Pastinya anak-anak sangat senang kalau diajak bermain kesini.

4. Cukang Taneuh

√ 9 Tempat Wisata Jawa Barat ini Akan Membuatmu Menyatu dengan Alam
tribunnews.com

Cukang Taneuh lebih dikenal dengan Green Canyon. Ngarai ini memiliki keindahan yang luar biasa dikelilingi dengan pepohonan yang rimbun dan air sungainya yang berwarna hijau teduh.

Pada bagian mulut gua terdapat sebuah air terjun Palatar. Banyak aktivitas yang dapat dilakukan disini seperti berenang, bersampan, memancing dan panjat tebing.

Untuk mencapai wisata tersebut para pengunjung harus menyewa perahu yang tersedia di Dermaga Ciseureuh.

5. Curug Leuwi Hejo

rutemu.com

Curug Leuwi Hejo berlokasi di daerah Sentul yang tidak jauh dari Jakarta. Memiliki kondisi air yang jernih dan pemandangan alam yang indah, yang mungkin tidak kamu dapatkan di daerah perkotaan.

Untuk menuju ke curug ini kita harus melewati jalur tracking yang tidak terlalu sulit, anak-anakpun bisa melewatinya. Airnya yang dingin dan menyegarkan dapat kamu rasakan saat kamu berenang disini.

6. Taman Nasional Halimun Salak

merahputih.com

Sangat direkomendasikan buat kamu traveller sejati yang sangat menyukai alam. Taman nasional ini juga dijadikan tracking awal untuk menuju ke Gunung Salak dan Kawah Ratu.

Banyak kegiatan yang bisa kamu lakukan mulai dari tracking dengan panorama alam yang masih sangat hijau dan indah, camping bersama teman-temanmu dan menikmati pesona air terjun dengan airnya yang dingin seperti air es yang ada di kawasan ini.

7. Leuwi Lieuk

rentist.id

Mungkin masih asing bagi kamu mendegar nama tempat wisata yang satu ini. Dikarenakan tempat ini masih belum terexplore sehingga masih sepi pengunjung.

Terletak di Kabupaten Bogor, objek wsiata yang satu ini menawarkan keunikan dari bagian sungai yang diapit oleh bebatuan yang menjulang sehingga terbentuk seperti kolam.

8. Kebun Raya Cibodas

jejakpiknik.com

Tempat yang satu ini menjadi salah satu destinasi wisata yang menjadi pilihan saat berlibur ke daerah Puncak.

Udaranya yang sangat sejuk dan keindahan alamnya yang cantik membuat kamu dan keluargamu akan betah untuk berlama-lama disini.

Anak-anakpun bisa mengenal berbagai macam jenis tanaman dari banyaknya koleksi tanaman yang berada di kawasan ini.

Tanaman yang menjadi daya tarik disini adalah Pohon Sakura, kamu bisa melihat keindahannya pada bulan Januari-Februari.

9. Arung jeram Sungai Citarik

traverse.id

Tempat wisata alam terakhir cocok buat kamu yang suka hal menantang. Bermain arung jeram di Sungai Citarik, Sukabumi bisa memacu adrenalinmu dan memberikan pengalaman liburan yang sangat seru.

Sungai ini memiliki arus yang tidak terlalu deras dan memiliki kedalaman yang tidak dalam. Namun banyaknya bebatuan di sungai ini akan memberikan tantangan buat kamu untuk melewati batu-batu tersebut.

Dari kesembilan destinasi wisata Jawa Barat di atas, sudah berapa lokasi yang pernah kamu singgahi?

Keywords: Wisata Jawa Barat

Leave a Comment