√ 6 Tempat Wisata di Subang Terbaru dan Lagi Hits

6 Tempat Wisata di Subang Terbaru dan Lagi Hits

Subang merupakan sebuah Kabupaten yang terletak di provinsi Jawa Barat yang memiliki destinasi wisata yang cukup banyak.

Wisata Subang didominasi oleh berbagai pesona pemandangan alam, seperti pemandangan luasnya kebun teh.

Berbeda dengan Bandung dengan pamor wisata nomor satu di Jawa Barat, Subang unggul karena berbagai wisata air terjun yang dimilikinya.

Selain itu, karena lokasinya masih jarang terjamah Subang menjadi pilihan yang tepat untuk melepas kepenatan dan menghilang dari kebisingan kota.


Potensi Wisata di Subang


Jika kamu ingin berakhir pekan di tempat yang hening berikut beberapa pilihan destinasi wisata Subang yang kami rekomendasikan.

1. Curug Cibareubeuy

blog.reservasi.com

Terletak di daerah yang cukup terpencil, air terjun ini masih asri karena belum terjamah tangan-tangan tak bertanggung jawab.

Untuk menempuh lokasi ini kamu harus melewati jalan yang menanjak kurang lebih 1 jam 30 menit dari Desa Cibesi.

Pesona yang ditawarkan air terjun ini yaitu airnya yang dingin serta suasananya yang asri karena dikelilingi banyak pepohonan di sekitarnya.

Menyaksikan air terjun dengan ketinggian 40 meter di tengah keheningan tentu menjadi obat penenang yang mujarab.

2. Gunung Tangkuban Perahu

pesonawisataindonesia.com

Sesungguhnya tangkuban perahu terletak di perbatasan Bandung Barat dan Subang, sehingga terkadang lokasi ini juga masuk ke dalam salah satu lokasi wisata Bandung.

Seperti yang telah kita ketahui, gunung tangkuban perahu terkenal dengan pesona kawah ratunya.

Selain itu pemandangan yang indah dan hawa pegunungan yang sejuk menambah nuansa damai di pegunungan ini.

3. Kebun Teh Ciater

travel.detik.com

Hamparan kebun teh yang luas ini berada di lereng Gunung Tangkuban Perahu, berada di sepanjang jalan raya Subang-Bandung.

Sembari menikmati segarnya alam yang membentang, disini kamu juga bisa ikut memetik daun teh dan berkunjung ke pabrik pengolahan teh sambil melihat-lihat proses pengolahannya.

Yang lebih menyenangkan kamu juga dapat menikmati keindahan sunset dari atas bukit sambil menikmati secangkir teh hangat.

4. Curug Cina

ngayap.com

Tempat ini terkenal dengan pesona keindahan air terjun yang bertingkat. Terbilang cukup baru, air terjun ini bru saja dibuka mulai tahun 2016 lalu.

Untuk sampai ke lokasi, kamu harus melewati area pesawahan, sebuah jembatan yang besar, dan tracking yang menanjak.

Sesampainya di lokasi lelahmu akan terbayarkan oleh keindahan pola air terjun bertingkat dengan kombinasi bebatuan berundak setinggi 30 meter.

Berkunjung ke curug cina kamu akan memperoleh keuntungan karena bisa berendam di sebuah kolam berwarna hijau yang mengandung belerang.

Kabarnya dengan berendam di kolam yang mengandung belerang baik untuk kesehatan.

5. Curug Ciangin

travel.detik.com

Sama dengan curug sebelumnya, curug ciangin merupakan wisata Subang bertingkat.

Curug ini terdiri dari dua tingkat, dimana tingkat pertama memiliki ketinggian kurang lebih 4 meter dan tinggi curug kedua sekitar 3 meter.

Banyak yang mengatakan jika curug cina merupakan primadona air terjun di Subang. Hal ini dikarenakan tempat ini menawarkan kesejukan panorama alam yang alami.

Hembusan anginnya yang sepoi-sepoi dikelilingi oleh pemandangan pepohonan bambu di sekitar curug, membuat nuansa semakin luar biasa tenang. Sudah sejauh mana imajinasi semedi kamu?

Seperti yang disebutkan sebelumnya, Subang terkenal dengan wisata air terjun yang dimilikinya.

Masih banyak beberapa air terjun lagi yang terdapat di Subang diantaranya Curug Bentang, Curug Kaliangkak, Curug Goa Badag, dan Curug Mandala.

6. Wisata Ciater Subang

Image Source: petatempatwisata.com

Wisata Ciater Subang adalah salah satu tempat wisata yang terletak di Kecamatan Ciater, Kabupaten Subang, Jawa Barat.

Ciater ini berupa wisata pemandian air panas alami yang terkenal. Wisata pemandian air panas ini berlokasi di perbatasan antara Subang dan Bandung, tepatnya bersebelahan dengan Lembang.

Daerah Ciater ini mempunyai udara yang sejuk, bahkan dingin. Apabila Anda dalam perjalanan menuju lokasi wisata pemandian air panas Ciater ini, maka Anda akan menyaksikan pemandangan alam yang indah dengan melewati kebun-kebun teh yang membentang.

Jika Anda berangkat dari Jakarta menuju Ciater, maka pilihan rute yang bisa dilalui ada dua yaitu lewat jalur tol Cikampek – Bekasi (185 km) dan lewat jalur Puncak (212 km).

Jika Anda berangkat dari Bandung, maka jarak yang ditempuh sekitar 32 km dengan waktu perjalanan sekitar 30 menit.

Pemandian Air Panas Ciater

Image Source: katalogwisata.com

Sumber air panas di tempat wisata pemandian Ciater ini berasal dari Gunung Tangkuban Perahu, suhunya antara 43-460 Celcius.

Air panas di pemandian Ciater mengandung bebrapa senyawa seperti magnesium, kalsium, sulfat, mineral, chloride, thermo dan hyperthermia dengan kadar aluminium yang cuku tinggi yaitu sekitar 38,5 equiv persen.

Air panasnya juga mempunyai tingkat keasamaan yang tinggi, yaitu pH 2,45. Air panas di pemandian ini dipercaya mampu mengobati penyakit kulit, gangguan syaraf, gangguan tulang, dan juga berkhasiat sebagai terapi penyembuhan penyakit rematik.

Selain itu, dikatakan bahwa air panas di pemandian ini dapat menyembuhkan kelumpuhan akibat sroke atau penyakit darah tinggi.

Oleh karena itu, sejumlah tempat yang ada di Ciater ini jga menyediakan fasilitas terapi untuk pengobatan berbagai penyakit.

Wisata pemandian air panas Ciater ini tidak hanya digemari oleh masyarakat Jawa Barat saja, melainkan banyak juga masyarakat dari daerah lain yang datang mengunjunginya, seperti dari ibukota.

Saat liburan tiba, wisata di Ciater dan Lembang menjadi salah satu pilihan tujuan untuk mengisi liburan.

Di Ciater ini tidak hanya pemandian air panas saja yang bisa Anda nikmati, banyak tempat-tempat dan kegiatan menarik lainnya.

Diantaranya adalah arung jeram, berenang, bersepeda, berperahu, memancing, tenis lapangan, berkuda, voli, basket, mini golf, outbond, berkemah, gokart, jalan-jalan ke kebun teh, wahana permainan anak lainnya hingga mengunjungi tempat kerajinan keramik.

Setiap hari, tempat wisata Ciater ini banyak dikunjungi oleh banyak sekali pengunjung, baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Mereka biasa datang bersama dengan keluarga, rombongan dan pasangan.

Angka rekor kunjungan per hari di wisata Ciater ini adalah lebih kurang 60 ribu pengunjung seharinya.

Sehingga eksistensi wisata Ciater memberikan dampak positif yang sangat besar bagi kepariwisataan di Jawa Barat.

Jika Anda ingin menginap dan menghabiskan malam di perjalanan wisata Ciater, maka sudah banyak tersedia beragam penginapan.

Berbagai penginapan tersebut memiliki fasilitas yang lengkap, termasuk menyediakan internet hotspos gratis untuk Anda.

Selain banyak wisata dan kegiatan yang bisa Anda dapatkan di wisata Ciater ini, terdapat juga wisata kuliner khas seperti sop dan sate kelinci.

Selain itu ada juga buah yang menjadi buah khas Ciater yaitu buah nanas. Sop dan sate kelinci serta buah nanas akan sangat mudah untuk Anda dapatkan disana.

So, sudah siap mengelilingi semua curug yang ada di Subang? Jangan cuma ke curug, destinasi wisata lainnya juga jangan lupa dikujungi loh ya..!

Keyword: Tempat Wisata di Subang

Leave a Comment