√ 10+ Tempat Wisata di Jogja Kota yang Selalu Istimewa

10+ Tempat Wisata di Jogja Kota yang Selalu Istimewa

Di Jogja, setiap hari terasa seperti hari libur karena objek wisata jogja begitu banyak. Kapanpun Anda bisa datang ke sana untuk menikmatinya.

Datang sekali ke kota ini tidaklah cukup, banyak kerinduan yang ditinggalkan oleh setiap tempatnya, dan banyak rasa penasaran yang dihadirkan juga oleh setiap tempatnya yang sebelumnya mungkin belum pernah Anda kunjungi.

Jadi, tidak heran jika wisata ke Jogja kerap dijadikan wisata wajib oleh setiap orang dalam setiap tahunnya.

Keindahan dari setiap objek wisata jogja yang begitu banyaknya ini didukung oleh akomodasi wisata Jogja yang terhitung masih murah. Jadi, walaupun sering-sering ke sini, tidak akan membuat budget liburan bengkak.


Tempat Wisata di Pusat Kota Jogja


Berikut ini ada beberapa cara menikmati objek wisata jogja khususnya wisata kotanya.

1. Menikmati Gudeg di warung warung Lesehan

Saat sampai di Jogja, Anda pasti lelah dan memang lebih baik jika Anda beristirahat dulu. Bagi Anda yang datangnya pagi atau masih siang dan setelah beristirahat merasa lapar, maka saatnya untuk Anda wisata kuliner.

Banyak tempat wisata kuliner di Jogja yang menyediakan Gudeg sebagai menu utamanya. Walaupun banyak restoran yang memiliki tempat cantik, tapi kenyamanan dan enaknya makan lesehan tidak ada duanya.

Apalagi jika Anda memilihnya di sore atau malam hari, suasana kota semakin mendukung.

2. Kawasan Malioboro

Menikmati wisata menjelang malam hari juga lebih menguntungkan karena saat makan di lesehan Anda bisa sambil menyaksikan musisi kota Jogja yang mempertunjukan aksi mereka dengan bernyanyi ataupun bermain alat musik.

Kawasan malioboro merupakan kawasan paling pas untuk menikmatinya. Walaupun semakin malam kawasan ini semakin ramai, tapi tidak akan mengurangi kenyamanannya.

Pada hari pertama ini Anda bisa menikmati malioboro di sore atau malam hari dengan menikmati kuliner sepanjang jalannya, menikmati pertunjukan musiknya, dan berkeliling dengan jalan kaki atau becak.

Karena sepanjang jalan malioboro ini banyak pertokoan dan pedagang yang menjual pakaian hingga souvenir dan oleh-oleh khas Jogja lainnya, Anda pun jika ingin langsung wisata belanja di hari pertama ini bisa langsung melakukannya.

3. Pasar Bering Harjo

Image Source: sintiaastarina.com

Keesokan paginya, Anda yang ingin menyaksikan malioboro yang lebih sepi bisa datang lagi. Anda bisa puas berfoto.

Puaskan juga belanja di Jogja di Pasar Bering Harjo yang memiliki banyak pedagang dan pengrajin batik.

Anda pasti akan puas belanja apalagi di sini harganya lebih miring dan bisa ditawar. Selain untuk wisata belanja, di sini Anda juga akan mendapatkan manfaat wisata lain yaitu wisata budaya dan sejarah.

Melihat bagaimana masyarakat Jogja dengan kegiatan jual belinya di pasar yang sudah ada sejak jaman dulu tersebut.

4. Benteng Vredeburg

Image Source: visitingjogja.com

Cukup berjalan kaki, Anda pun bisa melanjutkan wisata sejarah ke benteng Vredeburg. Mulai dari gerbang hingga ke dalam bentengnya, Anda akan disuguhi arsitektur jaman Belanda yang sangat khas dan sudah tua. Pastikan mengabadikan momen di tempat ini.

5. Keraton

Image Source: paketwisata.id

Selesai dari benteng tersebut, Anda bisa langsung melanjutkan perjalanan ke Keraton. Tidak hanya itu, sebelum sampai di Keraton Anda pun akan sampai di titik nol kilometer kota ini.

Masuk Keraton akan dikenakan tiket, Anda pun jika mau bisa menggunakan guidenya. Di sini, Anda akan melihat berbagai peninggalan bersejarah yang ada di museumnya.

Bukan hanya itu, nuansa kerajaan pun akan dirasakan langsung karena sampai saat ini masyarakatnya terutama yang berada di lingkungan keraton masih melestarikannya.

Cara di atas bisa juga menjadi tips untuk Anda yang memiliki waktu singkat di Jogja dan tidak ingin terlewat datang ke objek wisata jogja yang wajib dikunjungi tersebut.

Bagian utama keraton dibagi menjadi tiga bagian. Pertama, bagian muka yang berisi display-display raja, permaisuri, dan prajurit keraton dengan pakaian khasnya.

Kedua, bagian dalam keraton (keben) yang menampilkan benda-benda bersejarah dari Keraton Yogyakarta. Terakhir adalah bagian dimana tidak dibuka untuk umum dan merupakan tempat tinggal keluarga kerajaan.

6. Taman Pintar

jejakpiknik.com

Taman pintar merupakan suatu wahana edukasi yang menyajikan berbagai informasi terutama pengetahuan umum untuk anak-anak. Tempat ini juga menyatu dengan pasar buku shopping.

Wahana yang bisa dinikmati di tempat ini, antara lain gedung oval, wahana bahari, planetarium, kampung kerajinan, playground, dan beberapa wahana lainnya.

7. Kebun Binatang Yogyakarta

teduh.or.id

Saat memasuki gerbang kebun binatang pengunjung akan disuguhkan dengan pemandangan yang rindang.

Untuk melihat koleksi satwa pengunjung harus menuruni anak tangga yang cukup banyak. Bagian bawah tempat ini tidak serindang pintu masuk.

8. Benteng

mengakubackpacker.wordpress.com

Yogyakarta mempunyai empat buah benteng dimana salah satunya telah rubuh dan dialihfungsikan.

Wilayah yang berada di dalam beteng (jeron beteng) adalah milik sultan dan bangunannya tidak boleh lebih tinggi dari benteng itu sendiri.

9. Taman Sari Water Castle

justgola.com

Obyek wisata ini jaman dahulu merupakan tempat peristirahatan raja dan para selirnya. Di dalam wisata ini terdapat tempat peristirahatan, dua kolam besar, dan satu kolam utama.

10. Masjid Bawah Tanah Taman Sari

flickr.com

Masjid ini sebenarnya masih satu kawasan dengan dengan pemandian putri yang berada di Taman Sari.

Seperti namanya masjid ini berada di bawah tanah dimana di dalamnya terdapat sumur gemuling yang sekarang sudah ditutup. Banyak mitos tentang sumur gemuling sehingga membuat sumur tersebut akhirnya ditutup.

Pada dasarnya sumur gemuling merupakan sebuah lorong yang digunakan untuk menghindari musuh. Di masjid ini terdapat lima buah anak tangga yang melambangkan 5 waktu Shalat.

11. Museum Kereta Keraton

foss-bridge.com

Semua koleksi kereta milik kerajaan tersimpan di tempat ini. Kereta-kereta yang di pajang di museum ini memiliki fungsi yang berbeda-beda. Mulai dari kereta yang digunakan untuk pengantin kerajaan hingga kereta jenazah.

12. Situs Warung Boto (wisata Jogja kota)

akato.id

Situs Warung Boto tak jauh berbeda dengan wisata di Taman Sari. Tempat ini juga merupakan pemandian putri beserta raja sekaligus tempat peristirahatan.

Di situs ini juga terdapat tempat ibadah semacam mushala, tapi letaknya tidak di bawah tanah melainkan di lantai atas atau bagian atap. Lokasi wisata ini tak jauh dari kebun binatang Yogyakarta.

itu tadi beberapa wisata di Jogja bagian kota. meskipun banyak wisata baru bermunculan wisata di atas tetap istimewa di hati warganya.

Keyword: Wisata Jogja Kota

Leave a Comment