√ 7 Fakta Tentang Tempat Wisata Umbul Ponggok Klaten

7 Fakta Tentang Tempat Wisata Umbul Ponggok Klaten

Wisata Umbul Ponggok adalah sebuah kolam sumber mata air yang terdapat di Desa Ponggok, Klaten, Jawa Tengah.

Wisata air ini sangat terkenal dan bisa dibilang sedang hits. Mata air ini digunakan sebagai obyek wisata karena airnya yang terkenal jernih.


Wisata Umbul Ponggok


Kolam dari wisata Umbul Ponggok memiliki ukuran 70 meter untuk panjangnya dan 40 meter untuk lebarnya. Mata air ini dikenal jernih karena air terus keluar dari dasar kolam sehingga membuat keseluruhan air kolam terus bersih dan baru.

Selain digunakan untuk berenang oleh manusia, kolam ini juga ditinggali oleh beberapa jenis ikan. Wisata Umbul Ponggok merupakan salah satu alternatif wisata keluarga yang ada di Klaten.

Klaten memang terkenal dengan beberapa Umbul mata airnya yang jernih termasuk Umbul Ponggok. Berikut ini beberapa hal yang perlu kalian ketahui mengenai Umbul Ponngok.

1. Sekilas Informasi

Jam operasional wisata Umbul Ponggok dimulai pukul 07.00 sampai 17.00 WIB. Harga tiket masuknya sebesar Rp 15.000 perorang.

Lokasi Umbul Ponggok berada di Jalan Delanggu – Polanharjo, Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Klaten. Kedalaman kolam Umbul Ponggok sekitar 2 meter – 3 meter.

2. Snorkling dan Diving Wisata Umbul Ponggok

Air yang jernih serta kedalaman yang tidak terlalu cetek maupun terlalu dalam cocok untuk aktivitas Snorkling maupun diving.

Tempat ini sangat cocok untuk latihan snorkling maupun diving sebelum kalian terjun ke laut. Air nya yang jernih akan membuat pemula tidak merasa panik.

Biaya sewa perlatan diving sebesar Rp 250.000 sedangkan untuk peralatan snorkling sebesar Rp 13.000.

3. Berenang

Jika kolam ini bisa dipakan untuk snorkeling dan diving sudah pasti bisa digunakan juga untuk berenang. Airnya yang bersih dan sejuk membuat siapa saja ingin berenang di umbul ini.

Bagi kalian yang tidak bisa berenang tidak perlu khawatir karena di tempat ini tersedia juga persewaan pelampung. Cukup dengan Rp 7000 saja kalian sudah bisa berenang menggunakan pelampung.

4. Foto Bawah Air Wisata Umbul Ponggok

Terkenal karena kejernihan airnya di kolam ini juga terdapat spot-spot bawah air yang menarik. Sebut saja sepeda motor, game console, tenda camping, dan masih banyak lagi.

Properti tersebut ditenggelamkan agar pengunjung bisa berfoto yang instagramable.

Properti yang tersedia disini tidak disewakan secara gratis. Masing-masing spot mempunyai harga tersendiri belum termasuk sewa kamera under water.

Sewa kamera dibanderol mulai dari Rp 60.000 hingga Rp 100.000.

5. Foto Prewed Wisata Umbul Ponggok

Mau foto prewed yang lain daripada yang lain. Disini juga disediakan jasa fotografer dan properti untuk foto preweding.

Bahkan tidak hanya foto prewedding foto maternity shoot juga bisa dilakukan disini. Harga yang ditawarkan untuk keperluan foto ini mulai Rp 300.000.

6. Keindahan Sekitar

Selain menikmati sejuknya air kolam Umbul Ponggok sambil berfoto ria pengunjung juga dimanjakan dengan pemandangan sekitar.

Tempat ini dikelilingi oleh pepohonan yang rindah serta hampara ladang persawahan.

7. Fasilitas

Beberapa fasilitas yang pengunjung bisa nikmati di obyek wisata ini, antara lain toilet, warung makan, dan tempat parkir.

Selain itu disini juga tersedia fasilitas anak, seperti perosotan dan masih banyak lagi. bahkan ada penjual watercase untuk melindungi ponsel dari terkena air.

Itulah beberapa hal tentang wisata Umbul Ponggok. Sebelum berangkat kesini jangan lupa membawa pakaian ganti, kantung plastik, dan peralatan pribadi lainnya.

Jika kalian merasa harga sewa perlengkapan terlalu mahal jangan lupa untuk membawa perlengkapan sendiri. hal terakhir yang perlu dipersiapkan adalah fisik dan waktu luang.

Keywords: Wisata Umbul Ponggok

Leave a Comment